Peluang Usaha Budidaya Ikan Gabus yang Makin Diminati

Jumat, 14 Januari 2022 | 10:00 WIB

Beberapa tahapan penting yang sebaiknya diperhatikan saat melakukan budidaya ikan gabus yang menguntungkan

LINK UMKM - Budidaya atau ternak ikan gabus ternyata memiliki peluang usaha yang menjanjikan. Bagaimana tidak, akhir-akhir ini permintaan pasar akan ikan gabus yang begitu melonjak, ikan gabus sendiri saat ini menjadi menu populer dikalangan masyarakat.

Ikan gabus adalah salah satu jenis ikan air tawar yang banyak penggemarnya. Ikan gabus sangat baik dikonsumsi karena mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Ada banyak cemilan dan makanan yang dapat diolah dari ikan ini.

Meningkatnya permintaan masyarakat terhadap ikan gabus yang semakin meningkat pastinya memberikan peluang bisnis yang menguntungkan. Apalagi cara memelihara ternak ikan gabus tidak begitu sulit.

Untuk yang ingin tahu cara budidaya ikan gabus yang mudah dilakukan dan memberikan hasil yang menguntungkan, di bawah ini dipaparkan beberapa tahapan penting yang sebaiknya diperhatikan.

1. Memilih Kolam untuk Budidaya Ikan Gabus
Untuk menjalankan ternak ikan gabus kamu bisa memilih media untuk menampungnya. Ada tiga jenis kolam yang bisa dipilih, yakni kolam beton, terpal, atau kolam tanah. Tentu saja masing-masing kolam ini memiliki kelebihan dan kekurangannya yang berbeda.

Harga masing-masing media kolam tersebut juga sangat bervariasi. Karena itu pilih yang sesuai dengan kebutuhan maupun modal dana yang dimiliki.

2. Memilih Indukan Ikan Gabus
Memilih indukan dalam budidaya ikan gabus tidak boleh dilakukan sembarangan. bagi yang ingin memulai bisnis ini harus memilih indukan yang berkualitas. Adapun kriteria standar indukan gabus yang bagus adalah yang sehat dan aktif.

3. Proses Pemijahan Ikan Gabus
Panduan ternak ikan gabus yang selanjutnya adalah proses pemijahan. Ini merupakan proses pelepasan sperma pada telur ikan untuk menghasilkan pembuahan.
Untuk menjaga proses tersebut kamu harus menyiapkan sekitar 20 hingga 30 indukan jantan dan betina. Mereka ditempatkan dalam suatu kolam berukuran yang jangan terlalu sempit.

4. Penebaran Benih Ikan Gabus
Pada proses ini kamu harus bisa menjaga agar kolam ternak ikan gabus selalu dalam keadaan bersih dengan suhu air tak terlalu hangat atau dingin. Lakukan proses tersebut setelah larva ikan berumur 2 minggu.

Selain itu penebaran bibit ikan harus dilakukan pada pagi hari saat ikan belum diberi makan. Sore hari juga bisa menjadi pilihan jika kesulitan pada pagi hari.

Perlu dipahami bahwa ikan gabus memiliki sifat yang mirip dengan ikan lele, yakni kanibal. Karena itu dalam budidaya ikan gabus kamu perlu memisahkan ikan kecil dengan ikan yang berukuran besar.

5. Pemberian Pakan Ikan Gabus
Sama seperti budidaya ikan jenis lainnya, untuk ternak ikan gabus jenis pakan yang diberikan bisa kamu lakukan secara bervariasi. Mulai dari pelet yang bisa dibeli di toko pertanian hingga pakan yang dibuat sendiri.

Namun kamu juga bisa membuat pakan sendiri agar lebih hemat dalam budidaya ikan gabus. Adapun jenis pakan ikan yang ideal adalah daging sisa dapur, ikan teri sisa, dan aneka rayap.

kamu juga bisa membuat pakan super yang dibuat dari campuran jagung, ikan teri, bekatul, dan ampas tahu yang direbus. Jika sudah, giling dan letakkan dalam satu mangkok besar.

6. Panen Ikan Gabus
Untuk tahapan ternak ikan gabus yang terakhir ini adalah yang paling ditunggu-tunggu karena hasil jerih payah selama 6 bulan akan terbayar. Saat proses panen ikan gabus sebaiknya pisahkan ikan gabus berdasarkan ukurannya.

Proses ini dilakukan setelah panen kedua dan ketiga. Namun agar hasil usaha ikan gabus laku di pasaran, maka bisa mencoba menjual ikan yang berukuran sedang hingga yang paling besar.

RZ/MG

Komentar (4)

  • Aziz Rhomdhonie

    25 Januari 2022 | 12:52:20 WIB

    Terimakasih semoga bisa bermanfaat buat semua pembaca

    2 tahun lalu

  • EDI SUTRISNO

    22 Januari 2022 | 19:19:43 WIB

    Manta

    2 tahun lalu

  • EDI SUTRISNO

    22 Januari 2022 | 19:19:39 WIB

    Mantaaap

    2 tahun lalu

  • Lilyana Purnamasari

    16 Januari 2022 | 23:34:16 WIB

    mantab , terima kasih artikel nya yang sangat bermanfaat untuk budidaya ikan gabus.

    2 tahun lalu

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.1421 seconds