Begini Caranya Agar Bisnis Kos-kosan DApat Berjalan Sukses

Selasa, 7 Desember 2021 | 09:00 WIB

Begini Caranya Agar Bisnis Kos-kosan DApat Berjalan Sukses

LINK UMKM -  Tempat tinggal sementara atau kos-kosan sangat dibutuhkan di daerah perkotaan ataupun di daerah dekat kampus, terutama jika calon anak kos memiliki rumah yang jauh.

Dengan menerapkan beberapa strategi bisnis yang baik, maka bisnis kos-kosan dapat menjadi peluang. Usaha ini termasuk dalam bisnis properti dan terbukti dapat memberikan hasil yang menguntungkan berkali-kali lipat.

Berikut delapan tips yang dapat diterapkan dalam mempersiapkan bisnis kos-kosan.

1. Lakukan riset
Hal yang penting untuk dilakukan adalah memilih lokasi yang strategis. Lakukan survei pada beberapa lokasi dan pastikan apakah lokasi tersebut dekat dengan perkantoran, lingkungan kampus, atau pusat perbelanjaan. Lokasi strategis membuat penyewa lebih banyak dan harga sewa yang lebih bersaing.

2. Perhatikan harga dan fasilitas
Pastikan fasilitas yang ditawarkan sesuai dengan harga yang ditawarkan. Sebagai contoh, kamu dapat memberikan harga sewa yang cukup tinggi dengan fasilitas yang lengkap dan nyaman. Seperti penggunaan AC, kamar mandi dalam, pemanas air, keamanan yang tinggi, parkiran luas, dan lain-lain. Pastikan memberikan fasilitas yang sesuai dengan target pasar.

3. Pastikan harga sesuai rata-rata
Selain memperhatikan fasilitas, kamu juga perlu memperhatikan harga kamar yang sesuai pasar. Hindari harga yang terlalu murah atau mahal agar calon penyewa tidak beralih ke tempat lain.

4. Perhatikan tampilan dan kebersihan
Kedua hal ini dapat menarik perhatian para calon penyewa. Dengan tampilan yang indah dan selalu memperhatikan kebersihan, kos Anda akan menjadi poin penting dalam kenyamanan. Hal ini juga menjadi poin penting bagi penyewa.

5. Memperhatikan keamanan
Keamanan juga salah satu aspek penting. Kamu bahkan perlu memperhatikan hal ini saat melakukan survei lokasi. Selanjutnya, terapkan peraturan khusus seperti hanya untuk gender tertentu dan memakai penjaga kos seperti tenaga keamanan.

6. Berikan pelayanan khusus
Dengan memberikan pelayanan yang berbeda, maka kos-kosan kamu dapat menjadi pertimbangan bagi para calon penyewa. Hal ini meliputi memberikan fasilitas cuci, layanan untuk mengantar mahasiswa ke tempat indekos, dan lain-lainnya.

7. Ramah dengan penghuni kos yang lain
Walaupun berbisnis kos akan bersaing dengan pemilik lain, kamu perlu bersikap ramah dengan lainnya. Hal ini agar kamu dapat saling merekomendasikan, terutama jika kos-kosan kamu penuh.

8. Iklankan
Kamu dapat mengiklankan kos-kosan di internet dan media sosial karena majunya teknologi dan banyaknya orang yang mencari indekos melalui internet. Kamu juga dapat mendaftar di situs khusus untuk memasarkan kos.

Komentar (1)

  • Yoyok herianto

    23 Desember 2021 | 14:58:56 WIB

    Semangat... Fasilitas memadai sudah 65p di cari.

    2 tahun lalu

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.1944 seconds