6 Kiat Sukses Bisnis Bagi Kamu yang Berjiwa Seniman

Rabu, 1 Desember 2021 | 12:00 WIB

Kalian bisa melakukan beberapa langkah mudah berbisnis berangkat dari jiwa seni kamu

LINK UMKM - Kamu mempunyai jiwa seni atau merasa memiliki passion di dunia seni? ingin memulai berbisnis dan sukses di bisnis seni? maka tidak ada salahnya jika kamu mempelajari keterampilan dalam berbisnis.

Sama halnya dengan pengusaha, seniman yang terjun di dunia bisnis juga membutuhkan pemahaman dalam mendekati target pasar. kalian bisa melakukan beberapa langkah mudah berbisnis berangkat dari jiwa seni kamu.

1. Pastikan Seninya
Sebelum kamu menjadikan seni sebagai bisnis, kamu harus memastikan seni itu bisa membawa namamu menjadi besar. Tentukan idemu dan lakukan pendekatan kepada pasar, bisakah ide itu diterima atau tidak.

2. Pahami Keinginan Audiens
Menjadi pengusaha harus memahami apa yang diinginkan tiap audience dari produk atau jasamu. Kamu perlu menentukan harga yang cocok, tempat mana yang bisa digunakan untuk memasarkan, kapan saja waktunya dan sebagainya. Oleh karena itu, seniman yang mau menjadi pengusaha juga penting untuk memahami itu.

3. Tentukan Harga
Ada banyak metode penetapan harga dan evaluasi pekerjaan. Menjadi nyata tentang proses, bisnis, dan menjual karyamu, mengetahui cara memberi harga pada karya seseorang berdasarkan harga per inci persegi serta berbagai metodologi lain yang umum di dunia seni.

Juga perhatikan biaya overhead, bahan, dan persediaan, serta markup yang disarankan untuk harga eceran. Salah satu kesalahan terbesar yang dilakukan seniman adalah mereka enggak paham nilai dari karya mereka sendiri.

4. Pemasaran dan penjualan
Setiap pengusaha tahu kunci untuk mendapatkan ide atau produk mereka ke pasar adalah melalui pemasaran dan penjualan. Seniman juga harus menggunakan strategi pemasaran.

Itu berarti , kamu memerlukan situs web yang mencerminkan gayamu sendiri, dan pelanggan bisa membeli langsung dari situs atau memiliki tautan langsung ke informasi kontak kamu.

5. Pembukuan Keuangan
Setiap bisnis perlu melacak uang masuk dan keluar, serta inventaris. Mempertahankan dan membuat katalog karya kamu adalah kunci kesuksesan sebagai seorang seniman. Jangan mengabaikan detailnya.

6. Ciptakan Jaringan
Pengusaha tahu bahwa jaringan lebih dari sekadar perdagangan kartu nama. Bisnis adalah tentang hubungan. Dan memiliki jaringan orang-orang hebat di sekitar adalah kunci kesuksesan. Sebagian besar pengusaha tahu mereka enggak bisa menjalankan bisnis sendiri.

Mereka mendapatkan saran dari pebisnis sukses lainnya dan mereka menjangkau ketika mereka membutuhkan bantuan atau enggak tahu harus berbuat apa.

RZ/MG

Komentar (0)

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.1189 seconds