Kiat Dalam Merintis Usaha Grosir Sembako, Penting Untuk Pemula

Kamis, 18 November 2021 | 10:00 WIB

Kiat Dalam Merintis USaha Grosir Sembako, Penting Untuk Pemula

LINK UMKM -  Bisnis Grosir bisa dikatakan sebagai bisnis yang tidak akan pernah mati. Hal itu karena biasanya bisnis grosir menjual barang yang dibutuhkan setiap harinya.

Umumnya bisnis grosir itu berbentuk toko sembako, kelontong, rumahan yang kemudian para pembelinya dapat membeli secara ecer. Namun, bukan berarti bisnis tidak memiliki resiko.

Oleh karena itu, kamu juga perlu memiliki perencanaan yang matang. Untuk itu, jika ingin menjalankan bisnis grosir, berikut beberapa tips yang bisa kamu simak.

1. Tentukan modal yang dibutuhkan
Pastikan modal yang kamu butuhkan sudah kamu perhitungkan sebelum menjalankan bisnis. Hal ini dapat menjadi patokan, baik barang apa yang akan dijual dan berapa jumlah barang yang ingin dibeli.

2. Buat strategi usaha
Tentukan barang yang ingin kamu jual, lokasi yang tepat, dan kemudian mencari distributor yang tepat. Dengan mematangkan strategi dengan perencanaan yang rinci, maka bisnis akan cenderung lebih baik dalam perkembangan.

3. Perhatikan konsumen
Hal yang tidak kalah penting adalah menjaga hubungan yang baik dengan konsumen. Pelajari persaingan, apa yang kurang atau hal yang perlu diperbaiki dari toko lain. Jika dapat memenuhi kebutuhan masyarakat atau memiliki ciri khas yang berbeda, kamu akan dicari oleh konsumen dan dapat lebih mengembangkan toko.

4. Promosi
Kamu dapat memasarkan usaha melalui media sosial atau iklan. Kamu juga bisa memberlakukan sebuah promo bagi pelanggan pertama atau harga khusus untuk periode tertentu.

5. Kelola dan kembangkan bisnis
Kelola stok dan keuangan dengan lebih teratur untuk mengetahui perkembangan apa yang dapat dilakukan. Hal ini tentunya setelah bisnis berjalan dan sudah stabil. Perhitungan dilakukan dengan baik agar perkembangan tersebut tidak membuat usaha merugi.

Komentar (0)

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.1515 seconds