Tips Bagaimana Cara Mendapatkan Modal Usaha Dari Investor

Minggu, 7 November 2021 | 08:00 WIB

Berikut adalah tips bermanfaat untuk menyusun pembiayaan bisnis agar dilirik oleh investor.

LINK UMKM - Banyak pengusaha gagal karena mereka tidak melakukan penelitian secara menyeluruh sebelum terjun ke dunia bisnis. Salah satu hal kegagalan yang sering ditemukan adalah saat mencari modal dalam mendirikan sebuah bisnis.

Penting untuk mencari tahu secara menyeluruh tentang pasar ekonomi bidang bisnis yang akan dijalani. Hal ini tentunya akan membantu kamu untuk menentukan tingkat kesulitan dalam hal mendanai bisnis.

Setiap pengusaha pasti mengerti bahwa mengumpulkan dana untuk membangun usaha adalah bagian terberat untuk memulai bisnis sendiri.

Jadi, sebelum menulis proposal untuk pembiayaan usaha, ada sebaiknya kamu mempersiapkan diri terlebih dahulu. Berikut adalah tips bermanfaat untuk menyusun pembiayaan bisnis.

1. Miliki rencana bisnis yang rinci
Penggambaran bisnis secara detail adalah dasar dari setiap rencana bisnis yang sukses. Ini dapat membantu kamu memberi penjelasan untuk merencanakan jalannya perusahaan selama beberapa tahun.

Tanpa rencana bisnis yang tepat, investor tidak akan dapat melihat nilai investasi yang ada dalam bisnis dan hal tersebut membuat para investor enggan membiayai bisnismu.

2. Carilah saran dari investor berpengalaman
Penting untuk kamu mendapatkan saran keuangan dari investor berpengalaman. Hal itu karena mereka akan menunjukkan kepada kamu bagaimana mereka memperoleh dana untuk memulai bisnis mereka sendiri.

Selain itu, mereka mungkin juga akan mengarahkan kamu ke perusahaan pinjaman yang tepat untuk mendapatkan pinjaman usaha dengan suku bunga terendah.

3. Jalin hubungan dengan orang yang tepat
Jalin hubungan dengan orang-orang yang berorientasi pada kesuksesan akan memungkinkan kamu mengembangkan bisnis secara signifikan. Jaringan profesional yang sehat dapat membantu kamu memperoleh dana untuk memulai usaha baru.

Bila kamu telah mempunyai komunitas atau pertemanan yang solid itu akan menjadi lebih bagus. Namun, kamu juga bisa dapat memanfaatkan beberapa jaringan pertemanan secara online untuk mengembangkan jalur networking menjadi lebih luas.

4. Buatlah anggaran belanja
Anggaran belanja adalah aspek penting keuangan dari rencana bisnis yang dapat memandu usaha. Sebagian besar pemberi pinjaman meminta anggaran rinci sebelum memberikan dana ke klien mereka.

Setelah membuat anggaran, kamu harus melakukan pendekatan ke beberapa lembaga keuangan. Pertimbangkan pemberi pinjaman yang menawarkan pinjaman usaha dengan suku bunga paling rendah.

Komentar (0)

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.1183 seconds