5 Cara Menerapkan Psikologi Marketing dalam Membangun Bisnis

Senin, 1 November 2021 | 12:00 WIB

Berikut Cara Menerapkan Psikologi Marketing Pada Bisnis

LINK UMKM - Dalam menarik minat konsumen, produk yang dipasarkan harus memiliki strategi marketing. Selain itu, kamu juga dapat menerapkan psikologi marketing

Psikologi marketing adalah ilmu marketing yang mempelajari psikologi pelanggan saat membeli suatu produk. Mulai dari motif emosi hingga kecenderungan psikologis yang jadi dasar keputusannya.

Psikologi marketing membuat strategi memasarkan produk dengan mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Bisa dari harga, kemudahan, value dan hal lain yang terkait dengan emosi konsumen.

Berikut Cara Menerapkan Psikologi Marketing Pada Bisnis

1. Tambahkan Angka 9 di Belakang Harga Produk
Strategi penambahan angka 9 diakhir harga pasti sudah umum dilakukan. Teknik ini disebut dengan charm price. Trik ini cukup efektif untuk meningkatkan penjualan produk, mulai dari fisik hingga produk digital.

2. Buat Iklan Yang Relevan Kondisi Konsumen
Saat seseorang mencari suatu barang secara online akan lebih tertarik pada informasi yang menurutnya bernilai. Jadi iklan yang ditampilkan harus relevan dengan kebutuhan calon pembeli. Banyak sekali pemasar yang sembarangan menempatkan iklan mereka. Pilihlah situs yang sesuai dengan apa isi iklan.

3. Munculkan Emosional Calon Pembeli
Emosi adalah faktor penting yang mempengaruhi keputusan seseorang, ini berlaku juga pada keinginan membeli produk. Tidak perlu menjelaskan kelebihan atau kekurangan produk, kamu cukup hanya memberitahu kepada pelanggan apa yang bisa mereka dapatkan dengan menggunakan produk tersebut.

4. Beri Kesan Ekslusif
Teknik psikologi marketing yang umum digunakan adalah memberikan kesan eksklusif pada produk. Caranya dengan memberikan arti khusus bahwa produk tersebut merupakan produk spesial.

Hal ini akan memberikan kesan bahwa kamu harus segera membelinya. Teknik ini disebut juga dengan istilah Fear Of Missing Out atau dikenal dengan dengan sebutan FOMO.

5. Berikan Kejutan Bonus Gratis
Mengiklankan bahwa konsumen akan mendapatkan bonus hadiah jika membeli suatu produk memang terbukti sangat efektif untuk meningkatkan jumlah penjualan yang masuk.

Kamu bisa menyertakan bonus hadiah dalam kemasan paket untuk konsumen. Pemberian hadiah kejutan menyembunyikan fakta bahwa konsumen akan mendapatkan bonus hadiah untuk produk apa yang mereka beli.

RZ/MG

Ikuti : Kompetisi UMKM Kekinian dan raih hadiah ratusan juta rupiah!

Komentar (1)

  • Andrian Dony Previyandik

    4 November 2021 | 00:40:30 WIB

    Info trader gaharu... Di kalsel banyak

    10 bulan lalu