Tips Bersaing Di Pasar E- Commerce Lokal

Sabtu, 30 Oktober 2021 | 00:00 WIB

Tips Bersaing Di Pasar E- Commerce Lokal

LINK UMKM -  Saat ini berbelanja secara online sudah menjadi tren tersendiri terlebih dimasa pandemi ni dengan alasan keamanan karena kita tidak perlu keluar kerumah untuk melakukan transaksi, cukup dari telepon genggam dan menunggu barang anda sampai.
Tidak heran banyak pelaku usaha yang menggunakan e-commerce untuk mencari pasar baru, untuk perusahaan besar jauh lebih mudah untuk menjangkau konsumen yang ada di e-commerce daripada UMKM, baik karena mereka memiliki lebih banyak uang untuk diinvestasikan, atau karena mereka telah memiliki infrastruktur atau kemampuan digital yang ada dan dapat menggunakan infrastruktur atau kemampuan digital tersebut.
Namun, teknologi digital membantu menciptakan level playing field bagi UMKM. Dengan menggunakan teknologi inovatif, UKM yang lebih gesit dan cepat dapat menjadi kekuatan yang tidak dapat diabaikan.
Berikut ini beberapa cara yang dapat diterapkan agar dapat bersaing diberbagai platform e-commerce :
1. Menentukan platform yang baik
Memastikan bahwa perusahaan menggunakan platform e-commerce dengan pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman adalah langkah pertama bagi perusahaan dari berbagai ukuran.
2. Memberikan layanan terbaik
Untuk bersaing dengan raksasa e-commerce, UKM harus menciptakan pengalaman berbelanja yang mulus dan mudah.
3. Pembayaran yang mudah
Kemampuan bertransaksi secara efektif saat checkout sebagai faktor yang mempengaruhi saat memilih toko online. Menyediakan opsi pembayaran tanpa kontak yang sederhana termasuk kartu kredit, EFT instan, dan bahkan kode QR untuk memastikan bahwa pelanggan tidak akan meninggalkan keranjang belanja dan pergi ke mana pun yang lebih mudah untuk membayar.
4. Menentuk partner logistik yang tepat
Banyak usaha kecil yang beroperasi di bidang e-commerce juga mengandalkan perusahaan kurir, yang dapat mengecewakan merek karena pengiriman yang tertunda dan komunikasi yang buruk, yang mengecewakan pelanggan.
5. Respon yang cepat
Pelaku UMKM harus cepat dan tanggap dalam memberikan informasi kepada calon pembeli yang memiliki pertanyaan seputar produk maupun jasa yang diberikan.

RZ/MG

Komentar (0)

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.1643 seconds