6 Tips Membuka Usaha Travel di Rumah

Rabu, 13 Oktober 2021 | 12:00 WIB

Bagi kamu yang berminat membuka bisnis travel di rumah ternyata bisa loh, berikut tipsnya

LINK UMKM - Memulai bisnis travel di rumah ternyata bisa loh. Kamu dapat memulainya dengan melihat calon klien ke perusahaan travel atau menghasilkan uang dengan memesan sendiri reservasi tersebut.

Kamu pun dapat memilih jenis perjalanan tertentu yang bisa membantu dalam menentukan target pasar.

Nah, untuk kamu yang berminat membuka bisnis travel, berikut ini tips membuka bisnis travel dari rumah, yang dilansir dari Chron.

1. Pilih model bisnis dan negosiasikan biaya serta komisi
Kamu bisa menentukan model usaha yang ingin kamu jalani. Kamu bisa memilih sebagai agen rujukan, agen tuan rumah, atau memulai bisnis travel independen dari awal.

- Agen rujukan, adalah bagaimana kamu akan merujuk klien ke perusahaan travel dan menerima biaya rujukan untuk setiap orang yang membuat reservasi.

- Agen tuan rumah, kamu akan menggunakan kontak agen tuan rumah untuk memesan reservasi dengan berbagai perusahaan dan menerima komisi agen travel untuk pemesanan.

- Agen travel independen, kamu harus membuat kontak sendiri dan menegosiasikan komisi untuk pemesanan. Pastikan juga menegosiasikan biaya dan komisi pada pihak yang terkait.

2. Evaluasi sesuai target pasar
Fokus pada jenis perjalanan yang ingin kamu jual atau menjadi agen perjalanan khusus. Hal tersebut akan lebih memudahkan kamu untuk menargetkan jenis pelanggan tertentu.

3. Bergabung dengan agensi
Kamu dapat bergabung dengan agensi jika bisnis agen mu dirasa sudah mapan. Kebanyakan, usaha akan membagi komisi yang diberikan oleh perusahaan travel dengan agensi. Kamu juga kemungkinan akan dikenakan biaya awal dan biaya bulanan untuk bekerja dengan beberapa agen.

4. Buatlah rencana bisnis
Pastikan membuat rencana yang detail untuk tetap berada di dalam jalur dan mendapatkan keuntungan yang semakin signifikan seiring waktu. Hal ini meliputi biaya awal dan bagaimana mendanai bisnis.

5. Bergabung dengan asosiasi travel
Keanggotaan asosiasi perjalanan dapat meningkatkan citra bisnis travel dan membuka komisi dan peluang pelatihan.

6. Sebarkan bisnis travel
Buatlah situs web atau akun media sosial untuk memberitahu kepada calon klien mengenai layanan travel yang kamu miliki. Dengan hal tersebut dapat memudahkan bisnis mu menyebar secara luas baik online ataupun offline.

RZ/MG

Komentar (0)