Jangan Takut Gagal, Ini Keuntungan Membuka Bisnis di Masa Pandemi

Selasa, 14 September 2021 | 08:00 WIB

Masih ada beberapa hal yang dimanfaatkan dimasa pandemi covid - 19 saat ini.

LINK UMKM -Tak bisa dipungkiri, jika pandemi COVID-19 mampu menggoyangkan perekonomian Indonesia.

Dampak dari pandemi pun banyak membuat para pelaku bisnis menutup bisnisnya secara permanen. Meski begitu, bukan berarti tak ada peluang bagi kamu untuk mencoba peruntungan dengan menjadi seorang wirausaha.

Kamu bisa melihat celah di tengah kelesuan ekonomi seperti sekarang. Sebenarnya, ada beberapa bisnis yang justru laku keras karena kaitannya yang mengacu pada isu pandemi.

Nah, untuk itu, ada baiknya kamu mengetahui enam keuntungan menjadi wirausaha di masa pandemi. Simak di artikelnya di bawah ini ya.

1. Manfaatkan Peluang

Keuntungan menjadi wirausaha di masa pandemi yang pertama ialah kamu akan lebih handal dalam memanfaatkan peluang usaha.

Sebelum masa pandemi seperti saat ini, banyak para pelaku bisnis yang lahir dengan ide itu-itu saja. Padahal, di masa pandemi ini, kamu bisa mencari peluang usaha lainnya yang berbeda, dan masih relate dengan kehidupan manusia. Misalnya, dengan menjual produk herbal.

Bidang ini sama-sama tengah bertumbuh pesat, seiring dengan kesadaran masyarakat untuk lebih mementingkan hidup sehat.

2. Modal Bukan Masalah

Di masa ekonomi yang sulit seperti sekarang ini, anggapan berbisnis harus mempunyai modal besar sudah tidak berlaku.

Bagaimana tidak? Saat dihadapkan dengan isu pandemi corona, banyak orang yang akhirnya mulai merubah gaya hidup mereka. Seperti rutin berolahraga, menerapkan pola makan sehat, sampai berbelanja pun secara online.

Dari hal tersebut, kamu sebenarnya bisa memanfaatkan peluang yang ada dengan cara membuka sebuah usaha yang berkaitan dengan ketiga hal di atas.

Tak perlu modal banyak. Misalnya, kamu bisa membuka bisnis makanan sehat secara rumahan, atau dengan menjadi dropshipper online dari bisnis-bisnis yang sedang naik daun saat pandemi.

3. Mudah Mencari Karyawan

Keuntungan lainnya menjadi wirausaha di masa pandemi adalah mudah untuk kamu mencari karyawan baru.

Hal itu karena banyak perusahaan yang harus mem PHK karyawannya. Dari hal tersebut, kamu bisa menjadikannya peluang untuk menarik orang-orang yang punya potensi, agar dapat bekerja bersama mengembangkan bisnismu.

4. Pahami Minat Bisnis

Biasanya banyak orang yang tertarik membuka bisnis karena melihat orang disekitarnya yang juga terjun di bidang serupa.

Padahal, tidak semua loh berhasil mengembangkan bisnisnya meski bidang yang digeluti sama. Sebab, ada beberapa faktor dan resiko yang harus dipahami untuk bisa mencapai kata kesuksesan.

Nah, karena itu, ada baiknya saat ingin berbisnis, kamu perlu tahu terlebih dahulu apa yang menjadi minatmu.

5. Peluang Bisnis

Meski awalnya terbilang sulit, namun percaya lah saat kamu terbiasa untuk menjalaninya, dan mulai paham akan alur permainan dari bisnis yang digeluti, bukan tak mungkin jika bisnismu ini di kemudian hari bakal menguat. Terlebih kalau kamu sudah memiliki pangsa pasar sendiri.

Jadi, jangan pernah lagi merasa takut gagal, karena memang hakikatnya tiap bisnis akan mengalami masa-masa seperti itu.

6. Lihat Peluang Pasar

Terakhir, keuntungan menjadi wirausaha di masa pandemi Corona sekarang adalah peluang pasar yang lebih terbuka dan beragam.

Kamu bakal lebih muda mengenali apa minatmu di bisnis tersebut kemudian mengidentifikasinya sesuai dengan pangsa pasar yang ingin dituju.

Bahkan, kamu juga bisa memanfaatkan kecanggihan teknologi, dengan memasarkan produk secara online, baik melalui sosial media maupun marketplace seperti Shopee dan Tokopedia.

Agar usaha terus tumbuh di tengah pandemi ini, jangan lupa terapkan promosi yang tepat, baiknya sih memang melalui sosial media atau paling tidak dengan cara endorsement.

Pemasaran yang gencar dan juga tepat, bakal membantu produkmu dikenali oleh khalayak luas. Terlebih jika produk yang ditawarkan memiliki keunikannya sendiri dan tampak berbeda dari brand lainnya.

 

Komentar (0)

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.1402 seconds