Begini Tips Memulai Usaha Tanpa Pinjaman Bank

Minggu, 12 September 2021 | 16:00 WIB

Alternatif lain untuk mendapatkan modal usaha selain pinjaman bank.

LINK UMKM - Hal pertama yang harus dipersiapkan dalam membangun sebuah bisnis adalah modal. Modal menjadi faktor penting ketika memutuskan untuk membangun usaha sendiri.


Tanpa adanya modal, rencana bisnis yang dibuat hanya akan menjadi mimpi. Besar kecilnya modal yang dibutuhkan pelaku usaha memang akan tergantung dari jenis usaha yang akan dikerjakan.


Dalam urusan mencari modal, biasanya para pebisnis akan mengajukan pinjaman kepada pihak bank maupun menggunakan kartu kredit. Namun kini banyak cara lainnya yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan modal usaha.
Berikut beberapa tips bagi yang ingin mendapatkan modal usaha dengan mudah selain melalui jalur bank maupun kartu kredit seperti ditulis Cermati:

  1. Gunakan tabungan
    Salah satu sumber modal termudah yang bisa didapatkan adalah dengan menggunakan tabungan pribadi. Tidak hanya mudah, dengan menggunakan uang pribadi tentu saja memiliki risiko yang rendah karena tidak dibebani dengan bunga pinjaman ataupun biaya tambahan lainnya.Sehingga saat usaha belum balik modal, tidak perlu kebingungan untuk mencari cara membayar kembali modal tersebut.
  2. Gunakan aset pribadi
    Kamu bisa mencoba untuk menggunakan aset-aset pribadi, entah itu dijual maupun digadaikan. Untuk itu, list kembali aset-aset yang dimiliki, perhatikan mana yang sudah tidak digunakan lagi yang memiliki nilai jual tinggi. Dengan begitu nantinya kamu bisa mendapatkan modal tambahan yang cukup untuk memulai bisnis usaha yang direncanakan.
  3. Dana hibah
    Kamu dapat menggunakan dana hibah perusahaan. Biasanya terdapat beberapa perusahaan yang memiliki program dana hibah yang diperuntukkan bagi pebisnis-pebisnis baru. Salah satunya dalam bentuk CSR atau Corporate Social Responsibility.
    Dana hibah ini memang sedang tren saat ini untuk pengembangan UKM-UKM yang ada di Indonesia.
  4. Modal patungan
    Dengan modal patungan menjadi salah satu cara yang efektif untuk mendapatkan modal dengan jumlah yang lebih besar untuk memulai sebuah usaha. Sistem yang berlaku dalam modal patungan ini adalah mengenai pembagian hasil dari keuntungan yang didapatkan kepada para pemilik modal.
    Besarnya kecilnya keuntungan yang diperoleh akan tergantung dari jumlah modal yang ditanamkan.
  5. Mengikuti pelatihan
    Solusi terakhir adalah melalui lembaga pemberdayaan ekonomi. Biasanya lembaga-lembaga ini sering mengadakan training, workshop, ataupun pelatihan untuk berbisnis.
    Biasanya setelah mengikuti training, akan diberikan informasi mengenai akses untuk modal usaha. Biasanya lembaga-lembaga ini seperti Penyalur Kredit Usaha rakyat atau Organisasi Buruh PBB.

RZ/MG

Komentar (1)

  • Aria Sunandar,SE

    16 Sepember 2021 | 07:30:28 WIB

    Terimakasih infonya

    2 tahun lalu

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.1327 seconds