Strategi untuk Mengembangkan Bisnis Kuliner

Selasa, 24 Agustus 2021 | 08:00 WIB

Beberapa strategi untuk mengembangkan bisnis kuliner Anda!

LINK UMKM - Industri kuliner saat ini mengikuti perkembangan zaman, mulai dari inovasi rasa hingga tampilannya. Sehingga menghasilkan gebrakan yang hebat di bidang kulinari mengikuti selera pasar.

 

Bisnis ini bisa menjadi suatu hal yang menantang serta mengasyikkan. Ini disebabkan karena ketatnya persaingan di antara para pelaku usaha kuliner.

Maka dari itu kita dituntut untuk selalu berinovasi dan juga berkreasi.

 

Kita dituntut untuk selalu menghadirkan terobosan menu-menu yang tidak lekang oleh waktu. Sehingga para pelanggan akan selalu datang ke restoran kita. Cita rasa dari makanan juga harus tetap terjaga dengan baik, karena hal ini akan sangat berpengaruh terhadap kelancaran suatu bisnis kuliner.

 

Selain itu, keuntungan yang akan diraih cukup menjanjikan, karena setiap hari orang membutuhkan makan, terutama bagi para pekerja yang tidak sempat masak, tentunya mereka akan memesan atau makan makanan di luar.

  1. Tingkatkan Kualitas SDM

Kualitas SDM menjadi sesuatu yang krusial di dalam usaha kuliner. Kamu memiliki modal tapi tidak bisa memasak, maka jika Anda ingin membuka usaha kuliner lebih baik merekrut koki yang benar-benar handal dalam bidangnya.

 

  1. Desain Dari Tempat Usaha Kuliner Dibuat Semenarik Mungkin

Dengan berkembangnya zaman, para pemilik usaha menyulap tempat usaha mereka menjadi tempat makan yang nyaman dan juga membuat betah para konsumen untuk berlama-lama, sehingga menjadi ramai dikunjungi pembeli.  anda akan mengunjungi tempat makan hanya untuk bersantap lalu kemudian setelah selesai akan langsung pulang.

 

Oleh sebab itu, kamu harus berani mengubah desain restoran atau tempat makan Anda dengan desain yang lebih unik dan juga nyaman. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan fasilitas Wifi gratis agar bisa llebih menarik minat konsumen untuk berkunjung ke restoranmu.

 

  1. Gunakan Strategi Promosi

Kegiatan promosi merupakan salah satu cara untuk memperkenalkan produk kita ke pasaran. Promosi dapat dilakukan secara offline maupun online. Namun promosi yang dilakukan secara online dirasa lebih efisien, karena dapat menjangkau seluruh nusantara bahkan hingga ke mancanegara.

 

  1. Hidangkan Menu yang Lebih Variatif dan Juga Inovatif

Masalah menu, maka korelasinya tertuju pada rasa serta tampilan penyajian suatu makanan atau minuman. Jika rasa yang diberikan terasa enak, tapi dari segi penampilannya kurang menarik, tentu akan membuat ragu untuk mencicipinya.

 

Dan ini juga berlaku sebaliknya, jika tampilan yang disajikan menarik, tapi rasanya kurang enak di lidah, maka pelanggan akan enggan untuk kembali ke restoran kita. Karena itulah dibutuhkan kreativitas dan juga inovasi dalam mengolah menu menjadi sesuatu yang menarik untuk dilihat dan menjadi ketagihan untuk dirasa.

 

  1. Tingkatkan Kualitas Media Sosial

Dalam kegiatan promosi suatu usaha kuliner yang dilakukan melalui media sosial, dibutuhkan beberapa strategi untuk meningkatkan kualitas media sosial, agar dapat menjangkau konsumen dimanapun berada.

 

Banyak terdapat channel marketing yang bisa dipakai untuk mempromosikan bisnis kuliner. Namun, sosial media marketing yang dirasa paling menjanjikan untuk bisnis ini. Berikut ini beberapa tips untuk meningkatkan kualitas media sosial untuk kepentingan promosi usaha,

  • Bentuk tim pengelola untuk membantu anda mengelola konten promosi di sosial media dengan membentuk sebuah tim kecil khusus.
  • Menentukan tujuan dari promosi melalui sosial media.
  • Buatlah perencanaan untuk pembuatan konten dan juga jadwalnya agar lebih teratur serta terdokumentasi dengan baik.
  • Memberikan respons terhadap komentar dari para pengguna sosmed di postingan yang ada publish.
  • Coba iklankan usaha kuliner Anda di sosial media, seperti memasang iklan pada Facebook Ads dan juga Instagram Ads.
  • Selalu memonitor usaha marketing via sosial media, minimal melihat berapa banyak jumlah like, konten populer yang sudah pernah dibuat dan juga engagements.

 

  1. Terdaftar Dalam berbagai Aplikasi Pesan Antar Online

Masukkan usaha restoranmu ke berbagai aplikasi pesan antar makanan online atau di platform etalase Link UMKM. Dengan begitu usaha anda akan semakin dikenal orang, dan pastinya dapat meningkatkan omzetmu.

 

Usaha kuliner merupakan jenis usaha yang potensial dan juga dapat dilakukan oleh siapa saja. Hal yang paling terpenting adalah kesungguhan dan sikap pantang menyerah dalam menekuni bisnis ini.

RZ/MG

Komentar (0)

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.1168 seconds