Gerai Kopi Kekinian Beromzet Miliaran
Sabtu, 6 April 2019 | 18:16 WIB
Brilian - Bisnis kopi sedang marak sejak lima tahun belakangan. Momentum itu dimanfaatkan Edward Tirtanata dan James Prananto untuk mendirikan gerai Kopi Kenangan, Agustus 2017.
Menggunakan konsep grab and go, kopi ini bertumbuh pesat. Konsep `kenangan` menambah cita rasa anak muda. Mengikis pemahaman bahwa kopi identik dengan orang tua.
Pilihan nama menu seperti, Kopi Kenangan Mantan, Kopi Kekasih Gelap, Es Teh Nostalgia, menambah keunikan kopi yang disajikan.
Selain itu, Kopi Kenangan juga memanfaatkan media sosial sebagai media promosi. Perkembangan digital ini membungkus merek Kopi Kenangan
Perpaduan konsep, rasa, dan tampilan gerai membuat Kopi Kenangan menjamur di seantero Jabodetabek.
Setahun berdiri, hingga akhir 2018, setidaknya terdapat 30 kedai kopi kenangan. Perkembangan pesat ini membuat James didapuk sebagai salah satu diantara 30 pebisnis muda, di bawah 30 tahun, di Asia versi majalah Forbes.
"Kopi Kenangan telah berkembang sebagai salah satu gerai kopi yang berkembang pesat di Indonesia," tulis majalah bisnis itu.
Di akhir 2019, Kopi Kenangan menargetkan mampu menjalankan sekitar 130 gerai dan menjual 3 juta cups kopi tiap bulan.