Ini Manfaat Brand untuk Pengembangan UKM

Rabu, 22 Desember 2021 | 09:48 WIB

Ilustrasi brand image (Pxhere)

Brilian - Ada beberapa pertimbangan yang memengaruhi keputusan konsumen sebelum memutuskan untul membeli sebuah produk. Selain varian, kualitas dan harga, merek juga menjadi pertimbangan.

Menciptakan brand image yang kuat penting bagi pelaku usaha termasuk usaha kecil dan menengah (UKM) meski membutuhkan waktu dan biaya. Brand image yang kuat merupakan modah berharga dalam menghadapi persaingan. Berikut alasan pentingnya brand image bagi UKM:

1. Pembeda dengan produk lain
Dengan brand yang kuat, konsumen akan dengan mudah untuk membedakan produk Anda dengan produk lain. Samakin kuat brand Anda melekat dalam ingatan konsumen akan semakin mudah bagi mereka membedakannya dengan produk lain di pasaran. Dengan demikianm peluang untuk memenangi persaingan lebih besar.

2. Nilai tambah dan daya tarik
Produk dengan brand yang kuat lebih diminanti konsumen. Tak heran jika konsumen lebih memilih memilih produk yang sudah punya nama dibanting produk sejenis lainnya. Apalagi jika selisih harganya tidak terlalu besar. Semakin kuat brand yang dimiliki akan semakin besar peluang untuk memenangkan persaingan.

3. Meningkatkan loyalitas konsumen
Brand yang kuat akan meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk Anda. Ketika brand Anda mendapat nilai lebih dari konsumen, mereka akan kembali membeli produk tanpa diminta.

Selanjutnya ketika loyalitas telah terbangun, mereka akan dengan sukarela mereferensikan brand Anda kepada konsumen lain.

4. Memudahkan penetapan harga
Dengan brand yang kuat akan memudahkan Anda dalam menetapkan harga jual produk, terutama untuk produk baru. Anda juga tidak akan terlalu sulit meyakinkan konsumen bahwa harga sesuai dengan kualitas produk.

Dari sisi konsumen, mereka juga tidak akan ragu membeli produk yang ditawarkan. Hal ini karena mereka telah percaya dengan kualitas produk dari brand Anda.

5. Membantu pengembangan usaha
Memiliki brand yang kuat akan memudahkan dalam pengembangan usaha. Anda bisa memperluas pangsa pasar dengan melakukan diferensiasi produk.

Selain itu dengan brand yang kuat, Anda bisa mengembangkan usaha menjadi model bisnis waralaba. Strategi pengembangan usaha ini bisa Anda gunakan untuk memenangkan persaingan.

Komentar

Media Lainnya

Hi!👋
Linda (Link UMKM Digital Assistant)
Chat via WhatsApp disini !

x