6 Cara Promosi untuk Bisnis Kuliner, Bisa Datangkan Cuan dan Pembeli Loyal!
Rabu, 13 November 2024 | 13:00 WIB
LINK UMKM - Siapa sih yang enggak suka jajan makanan? Di sekitar kita pasti ada banyak penjual makanan dan minuman. Jumlah pelaku UMKM di bidang kuliner ini tentunya sangat dinamis dan terus berkembang di lapangan. Namun, dengan banyaknya pelaku UMKM di bidang kuliner, persaingan tentu semakin ketat. Apalagi, produk kuliner yang ditawarkan antar pelaku UMKM seringkali sejenis atau serupa. Selain memastikan produk kuliner yang Sobat LinkUMKM tawarkan berkualitas, langkah selanjutnya yang tidak kalah penting adalah melakukan promosi yang menarik. Tanpa promosi yang tepat, produk Sobat LinkUMKM mungkin sulit ditemukan oleh calon pembeli. Oleh karena itu, promosi yang maksimal akan membantu meningkatkan penghasilan dan menarik pembeli loyal.
- Berikan Diskon
Siapa sih yang enggak suka diskon? Strategi promosi berbentuk diskon adalah salah satu cara yang paling umum dilakukan dan terbukti efektif menarik perhatian calon pembeli. Diskon bisa berupa berbagai macam tawaran, seperti "Beli Satu Gratis Satu", "Diskon 10% untuk Semua Produk", atau "Diskon 20% untuk Pembelian Dua Porsi Makanan". Dengan memberikan diskon, Sobat LinkUMKM akan membuat pembeli merasa mendapatkan keuntungan, yang tentunya akan meningkatkan peluang pembelian.
- Buat Kemasan Produk yang Unik dan Menarik
Calon pembeli sering kali mempertimbangkan penampilan kemasan suatu produk sebelum memutuskan untuk membeli. Oleh karena itu, penting bagi Sobat LinkUMKM untuk memastikan kemasan produk kuliner menarik dan mudah dibawa. Cobalah menggunakan warna yang mencolok dan desain yang eye-catching untuk menarik perhatian konsumen. Misalnya, warna merah dan kuning yang identik dengan makanan fast food bisa menarik perhatian pembeli yang sedang lapar.
- Perhatikan Penampilan Produk
Strategi promosi selanjutnya adalah dengan mengunggah foto produk kuliner ke internet. Pastikan foto makanan dan minuman yang Sobat LinkUMKM unggah memiliki kualitas terbaik dan menggugah selera. Foto yang menarik bisa membuat calon pembeli penasaran dan akhirnya tertarik untuk membeli. Selain itu, pastikan foto produk tersebut menggunakan kata kunci yang familiar dan banyak dicari, agar produk Sobat LinkUMKM mudah ditemukan di pencarian online.
- Pasang Iklan
Iklan adalah cara promosi yang juga sangat efektif untuk menarik minat calon pembeli. Apalagi jika iklan yang dipasang menyertakan foto atau video produk yang menggugah selera. Salah satu cara yang efektif adalah memasang iklan di platform seperti Google Ads atau Facebook Ads. Dengan iklan di platform ini, Sobat LinkUMKM bisa menargetkan iklan sesuai dengan kategori atau demografis tertentu, seperti usia, lokasi, atau minat calon pembeli. Jangan lupa untuk menyisipkan slogan unik dalam iklan, agar produk Sobat LinkUMKM mudah diingat oleh masyarakat.
- Sediakan Layanan Pesan Antar/Delivery
Di masa pandemi ini, banyak orang lebih memilih untuk membeli makanan secara online dan mengandalkan layanan pesan antar. Oleh karena itu, menyediakan layanan pesan antar adalah strategi promosi yang penting bagi bisnis kuliner. Sobat LinkUMKM bisa memberikan potongan untuk biaya pengiriman agar lebih terjangkau oleh pembeli. Jika Sobat LinkUMKM belum memiliki sumber daya manusia untuk mengelola pengiriman, opsi lainnya adalah menggunakan jasa pengiriman pihak ketiga seperti ojek online atau layanan kurir lainnya.
- Promosi Lewat Jasa Endorsement
Endorsement adalah salah satu cara promosi yang semakin populer di era digital ini. Dalam strategi ini, Sobat LinkUMKM bekerja sama dengan influencer atau selebgram yang memiliki banyak followers untuk mengunggah konten yang menampilkan produk kuliner Sobat LinkUMKM. Pastikan untuk memilih influencer yang memiliki fokus konten di bidang kuliner dan memiliki follower yang relevan dengan produk Sobat LinkUMKM. Riset engagement rate (tingkat interaksi antara influencer dan follower) serta segmentasi follower juga sangat penting agar promosi lebih tepat sasaran.
Jangan ragu untuk bereksperimen dengan berbagai strategi promosi yang sesuai dengan karakteristik produk kuliner Sobat LinkUMKM. Seiring dengan promosi yang tepat, keuntungan bisnis juga akan meningkat, dan Sobat LinkUMKM akan semakin dikenal oleh konsumen.
***
RAT/AHS