Tips Buka Usaha Kafe yang Instagramable
Selasa, 7 Desember 2021 | 10:06 WIB
Brilian - Menjamurnya usaha kuliner termasuk kafe meyebabkan persaingan semakin ketat. Persaingan tidak hanya soal rasa tetapi juga dalam menyajikan suasana yang nyaman dan menyenangkan.
Di era seperti sekarang, tujuan orang ke kafe tidak hanya makan atau minum tetapi juga sebagai eksistensi diri. Tak heran jika banyak kafe yang berusaha memanjakan pengunjungnya dengan konsep yang instagramable.
Semakin unik dan menarik kafe semakin besar pula peluang untuk menarik pengunjung. Berikut tips membangun kafe yang instagramable:
1. Tentukan segmen dan target pasar
Siapa yang menjadi segmen dan target pasar kafe Anda? Dengan menentukan segmen dan target pasar akan memudahkan Anda dalam membangun kafe yang instagramable. Misalnya target kafe Anda adalah anak muda, segmentasinya bisa mereka yang berusia 17 hingga 25 tahun.
2. Dekorasi kafe unik dan instagramable
Untuk membangun kafe yang intragramable dibutuhkan kreativitas dalam medekorasi spot-spot yang menarik. Manjakan pengunjung dengan pilihan spot foto yang instagramable sehingga mereka dengan senang hati akan mengunggahnya ke media sosial. Ini akan membantu dalam mempromosikan bisnis kafe Anda.
3. Main spot tematik
Untuk menghindari kebosanan dengan main spot foto yang sama, Anda perlu menggantinya setiap periode atau momen tertentu. Misalnya saat menyambut hari raya, Anda bisa menyesuaikan dekorasi main spot kafe dengan momen itu. Begitu juga ketika sedang ramai Piala Dunia, Anda bisa menyesuaikan spot foto dengan tema itu.
4. Menu unik dan menarik
Selain dekorasi, penyajian menu juga tak kalah penting. Mengandalkan rasa saja tidak cukup tetapi harus dibarengi dengan penyajian yang unik dan menarik. Tujuannya agar pengunjung tergugah untuk memfoto menu makanan atau minuman dan kemudian mengunggahnya ke media sosial. Ini juga akan menguntungkan karena secara tidak langsung kafe Anda telah dipromosikan secara gratis.
5. Undang food vlogger atau blogger
Selain mempromosikan sendiri dengan berbagai cara, undang vlogger atau blogger untuk mereview kafe Anda. Tujuannya agar ulasan tentang kafe Anda dipublikasikan di akun food vlogger atau blogger tersebut sehingga dilihat atau dibaca banyak orang.