Tips Branding dengan Budget Murah
Minggu, 28 November 2021 | 09:55 WIB
Brilian - Brand atau merek merupakan fondasi bisnis sehingga harus menginformasikan dan mengkomunikasikan produk dengan target pasar. Membangun brand sangat penting karena brand yang kuat akan membantu meningkatkan penjualan produk.
Banyak pelaku usaha yang mengabaikan branding karena berpikir akan membutuhkan budget yang besar. Atau bisa juga karena mereka merasa belum membutuhkan branding sampai bisnis mencapai titik pertumbuhan tertentu.
Berikut tips melakukan branding yang tidak akan menyedot budget Anda dalam jumlah besar:
1. Strategi branding
Sebelum melakukan branding, Anda perlu merancang strategi branding. Strategi branding yang dirancang harus sesuai dengan misi dan visi, analisis kompetitif, target pasar dan pedoman kreatif.
Strategi branding akan membantu Anda dalam membangun brand, baik dengan cara konvensional maupun kreatif. Mirip strategi pemasaran, strategi branding adalah bagaimana caranya agar merek Anda dikenal luas dan melekat dalam ingatan konsumen.
2. Logo brand
Setelah menentukan strategi branding, langkah selanjutnya merancang desain logo untuk brand Anda. Sebelum merancang desain logo, pelajari logo kompetitor dan identifikasi elemen yang menurut Anda menarik.
Desain logo harus mewakili brand sehingga bisa menarik target pasar Anda. Dalam membuat logo brand perhatikan juga unsur visualnya karena akan muncul di kartu nama, website, toko online, marketplace atau media sosial.
3. Website
Website bisa menjadi sarana pendukung dalam melakukan branding. Namun jika Anda tidak memiliki website atau toko online, Anda bisa memanfaatkan marketplace. Anda bisa memaksimalkan marketplace untuk berjualan online sekaligus melakukan branding.
4. Media sosial
Selain website, media sosial juga efektif untuk melakukan branding. Namun Anda harus jeli dalam memilih media sosial yang akan digunakan untuk membangun brand. Anda juga harus jeli dalam memilih media sosial yang paling mungkin bisa membantu mencapai target pasar produk Anda.