5 Tips Meningkatkan Jumlah Pelanggan
Rabu, 17 November 2021 | 10:10 WIB
Brilian - Ketika usaha Anda sudah berjalan sesuai target dan memiliki pelanggan, tentu Anda tidak ingin berhenti pada pencapaian itu. Anda tentu ingin meningkatkan jumlah pelanggan yang nantinya berdampak pada bertambahnya keuntungan.
Untuk meningkatkan jumlah pelanggan bukan pelerjaan mudah karena persaingan bisnis yang semakin ketat. Agar tetap kompetitif, Anda harus memberikan hal baru untuk menarik pelanggan. Berikut 5 tips untuk meningkatkan jumlah pelanggan:
1. Pastikan toko fisik dan online berjalan baik
Di era digital seperti sekarang, orang menggunakan banyak sarana dan perangkat dalam berbelanja. Selain mengunjungi toko fisik, mereka juga menggunakan handphone untuk melihat dan membeli produk.
Karena itu, membuka toko fisik saja tidak cukup tetapi harus didukung toko online. Pastikan toko online atau e-commerce Anda benar-benar efektif dalam mendukung bisnis toko fisik Anda.
2. Memanfaatkan teknologi
Kemajuan teknologi memudahkan orang untuk melakukan aktivitas, termasuk berbelanja. Semakin banyak fitur kemudahan berbelanja yang ditawarkan akan semakin banyak pelanggan yang ingin membeli produk Anda.
Pelanggan akan merasa lebih aman dengan sejumlah tingkat keamanan sehingga tidak khawatir kehilangan privasi. Apalagi untuk produk yang membutuhkan registrasi terlebih dahulu.
3. Memberikan pelanggan pengalaman baru
Memberikan pengalaman baru bisa meningkatkan pelanggan. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan membiarkan mereka mencari produk dan berbelanja pada toko online Anda saat mengunjungi toko fisik Anda.
Selain mendapatkan pengalaman baru, cara ini dapat membantu pelanggan mencari kebutuhan mereka, terutama jika Anda tidak menyediakan semua stok produk di satu tempat. Atau Anda memiliki beberapa toko atau gudang yang terpisah.
4. Memberikan sentuhan hiburan dalam bisnis
Tren bisnis saat ini menuntut pelakunya untuk kreatif dalam menarik pelanggan agar datang ke toko mereka. Memadukan bisnis dengan hiburan (retailtainment) bisa menjadi salah satu cara meningkatkan pelanggan.
Unsur hiburan dalam bisnis akan memberikan pengalaman tersendiri bagi pelanggan. Anda bisa menyesuaikan retailtainment yang sesuai dengan jenis bisnis dan pelanggan Anda.
Misalnya Anda menjalankan bisnis restoran, Anda bisa mengundang chef terkenal. Kehadiran chef terkenal ke restoran Anda akan meraik perhatian pelanggan untuk datang.
Atau jika menjalankan usaha distro, Anda bisa mengganti manekin dengan orang sungguhan sebagai model pakaian. Cara ini akan menjadi daya tarik tersendiri untuk menarik pelanggan.
5. Membuat kompetisi atau lomba dengan hadiah menarik
Cara lain untuk meningkatkan pelanggan adalah dengan menggadakan lomba atau kompetisi. Agar mendapat respons positif, hadiah bagi pemenang harus menarik.
Melalui lomba atau kompetisi, Anda memiliki kesempatan meningkatkan pelanggan lewat produk. Jika bisnis Anda bergerak di bidang kuliner, Anda bisa membuat lomba atau kompetisi memasak. Menu makanan yang dilombakan misalnya menu andalan restoran Anda.