6 Tips Promosi Efektif Bisnis Bidang Jasa
Minggu, 7 November 2021 | 09:00 WIB
BRI - Selain penjualan produk barang, bisnis bidang jasa juga tak kalah menantang. Agar dapat berkembang dan mencapai target sesuai harapan, usaha di bidang jasa juga memerlukan strategi pemasaran
Namun tidak sedikit pelaku usaha bisnis bidang jasa yang bingung dalam merancang strategi pemasaran produk jasa mereka. Berikut strategi yang dapat Anda lakukan untuk memasarkan bisnis bidang jasa:
1. Kenali target pasar
Identifikasi target pasar akan membantu Anda dalam menyusun strategi pemasaran yang efektif. Anda bisa mengelompokkan target pasar Anda, misalnya berdasarkan umur, profesi dan lain-lain. Dengan mengetahui target pasar akan menghindarkan Anda dari pemborosan waktu dan biaya untuk promosi.
2. Pelayanan terbaik
Kualitas pelayanan merupakan faktor penting yang ikut menentukan kesuksesan sebuah bisnis, terutama bidang jasa. Karena itu, memberikan pelayanan terbaik adalah hal wajib jika Anda ingin meraih kesuksesan.
Pelanggan yang merasa puas akan menguntungkan usaha bidang jasa Anda. Mereka bisa membantu mempromosikan bisnis Anda sehingga dapat menghemat biaya promosi.
3. Membangun kepercayaan
Kepercayaan merupakan modal penting dalam menjalankan bisnis bidang jasa. Anda bisa menjalin hubungan baik dengan pelanggan untuk mengetahui apa keinginan mereka terhadap jasa yang ditawarkan. Dengan menjalin hubungan baik, Anda dapat meminta saran atau masukan untuk mengembangkan bisnis kedepan.
4. Promosi online
Promosi merupakan bagian dari strategi pemasaran untuk memperkenalkan produk jasa yang ditawarkan. Agar dapat mencapai target, sebaiknya promisi dilakukan secara terus-menerus dan konsisten. Selain itu promosi perlu dilakukan dengan cara kreatif sehingga pelanggan tidak bosan.
Di era digital, sebagian besar orang memiliki akun di media sosial. Selain cara konvensional, Anda bisa mempromosikan produk jasa melalui media sosial.
5. Membangun jaringan
Misalnya bisnis Anda adalah jasa bengkel, Anda bisa menjadi anggota komunitas motor atau mobil. Dengan menjadi anggota, Anda bisa mempromosikan bisnis Anda dengan menggunakan beberapa teknik pendekatan. Atau Anda membentuk komunitas sendiri yang bersinergi dengan jasa yang ditawarkan.
6. Kegiatan bersinergi dengan bisnis
Misalnya Anda membuka usaha bengkel mobil, Anda bisa mendukung pelanggan yang ingin mengikuti lomba modifikasi. Dukungan bengkel Anda misalnya dengan memberikan harga khusus. Ketika dia memenangkan lomba, nama bengkel Anda akan ikut terdongkrak.