Tips Sukses Pemasaran Bisnis Handicraft
Kamis, 28 Oktober 2021 | 09:30 WIB
Brilian - Agar sukses dalam menjalankan bisnis apapun termasuk handycraft, dibutuhkan strategi pemasaran yang tepat untuk mencapai target pasar. Banyak usaha handicraft yang sebenarnya berprospek, akhirnya gagal karena tidak didukung strategi pemasaran memadai.
Strategi pemsaran bisa dimulai dari hal-hal kecil. Sekecil apapun aktivitas pemasaran akan berdampak pada usaha Anda jika dilakukan dengan benar. Berikut strategi pemasaran untuk mengembangkan usaha handicraft:
1. Promosi sesuai target pasar
Promosi dilakukan sesuai dengan target pasar agar lebih efisien dan efektif. Selain itu promosi dilakukan secara terintegrasi baik secara offline maupun online. Dengan meggabungkan offline dan online, promosi bisa menjangkau pasar yang lebih luas.
2. Kerativitas dalam kemasan
Kemasan atau tampilan luar menjadi salah satu daya tarik bagi pembeli terhadap sebuah produk. Karena itu membuat kemasan yang kreastif dan menarik merupakan salah satu bentuk strategi pemasaran produk handycraft Anda. Kemasan juga menjadi salah satu faktor, produk handicraft Indonesia diterima konsumen mancanegara.
Melalui kemasan, kesan (image) produk dapat dibentuk misalnya sebagai produk yang kokoh, mewah dan lain-lain. Dalam menjalankan strategi pemasaran melalui kemasan, Anda harus mempertimbangkan desain kemasan produk sehingga dapat meningkatkan nilai ekonomisnya.
3. Melibatkan konsumen dalam prpmosi
Strategi ini bisa Anda lakukan dengan memberikan hadiah kecil, voucer atau diskon kepada pelanggan loyal. Pemberian hadiah dan potongan harga sebagai bentuk penghargaan atas loyalitas mereka dalam membeli produk Anda.
Strategi ini akan mendorong pelanggan untuk membeli produk lebih banyak dan memperkenalkan produk handicraft Anda kepada orang lain. Dengan demikian akan meningkatkan penjualan produk handicraf Anda.
4. Kerja sama dengan usaha lain
Strategi lainnya yang bisa Anda lakukan adalah menggandeng usaha lain yang masih terkait dengan produk handycraft Anda. Misalnya menjalin kerja sama dengan event organizer pernikahan, outlet suvenir di sekitar tempat wisata sehingga produk handicraft Anda dapat mencapai target pasar yang tepat.