7 Cara Efektif Promosi Produk di Instagram
Sabtu, 23 Oktober 2021 | 09:30 WIB
Brilian - Promosi merupakan salah satu penunjang kesuksesan dalam menjalankan sebuah bisnis. Selain offline, promosi juga bisa dilakukan secara online dengan memanfaatkan media sosial, salah satunya Instagram.
Sejak diluncurkan pada tahun 2010, Instagram terus berkembang dengan beragam fitur yang memanjakan penggunanya. Bagi sebagian besar pelaku bisnis online, Instagram telah menjadi pilihan untuk mempromosikan produk dan meningkatkan omzet penjualan.
Berikut tips promosi di Instagram untuk meningkatkan penjualan produk:
1. Rutin update foto atau video produk
Memposting foto atau video produk saja tidak cukup tetapi harus melakukan update secara rutin. Anda harus selalu update agar followers selalu ingat dengan online shop Instagram Anda du tengah maraknya foto atau video terbaru yang berseliweran di timeline mereka.
Update foto atau video produk tidak harus dilakukan setiap hari. Anda bisa menentukan jadwalnya, yang penting dilakukan secara rutin. Dengan rutin memperbarui postingan, followers akan teringat terus dengan online shop Anda.
2. Posting foto atau video produk sesuai aslinya
Kualitas foto atau video yang bagus akan menjadi daya tarik pengguna Instagram untuk mengunjungi akun online shop Anda. Usahakan menampilkan foto atau video produk sesuai aslinya sehingga pengguna Instagram mendapat gambaran jelas sebelum memutuskan untuk membeli produk Anda.
3. Hashtag spesifik
Peran hashtag untuk mempromosikan produk di Instagram terkadang diabaikan. Dengan hashtag yang tepat, peluang produk Anda ditemukan pengguna Instagram akan lebih besar sehingga postingan foto atau video tidak sia-sia.
Pastikan hashtag merupakan kombinasi kata populer dan relevan dengan produk yang Anda tawarkan. Hindari penggunaan hashtag asal-asalan yang tidak terkait dengan produk.
4. Perhatikan waktu posting
Agar postingan foto atau video produk mendapat perhatian pengguna Instagram, Anda perlu memikirkan waktunya. Unruk menentukan kapan waktu yang tepat, Anda bisa melakukan eksperimen pada hari biasa dan akhir pekan untuk mengetahui respon pengguna Instagram terhadap produk Anda.
5. Promosi melalui lomba
Untuk meningkatkan engagement dengan pengguna Instagram, Anda bisa melakukan promosi melalui lomba foto atau video dengan tema tertentu. Agar kegiatan yang Anda rancang tidak sepi peminat, Anda perlu memberikan hadiah menarik bagi pemenangnya.
6. Tawarkan kemudahan
Setiap orang menginginkan kemudahan dalam berbelanja. Anda bisa memberikan diskon kepada pengguna Instagram yang memesan produk dalam jumlah tertentu.
Selain itu, Anda juga bisa menggratiskan ongkos kirim untuk wilayah tertentu. Kemudahan lainnya yang bisa Anda tawarkan misalnya dalam hal pengembalian produk yang rusak atau tidak sesuai dengan pemesanan.
7. Testimoni pembeli
Kepuasan pengguna Inastagram dengan layanan dan produk Anda merupakan sarana promosi yang efektif. Tidak menutup kemungkinan mereka akan mereferensikan online shop dan produk Anda kepada pengguna Instagram lainnya.