Melihat Perilaku Konsumen Generasi Z di Bulan Ramadhan
Sabtu, 16 April 2022 | 16:00 WIB
LINK UMKM -
Bulan puasa merupakan bulan yang paling dinanti-nanti oleh seluruh umat muslim diseluruh dunia.
Pada bulan ini banyak umat islam yang menjadikan bulan ramadhan sebagai peluang bisnis yang menguntungkan. Dimana pada momen ini perilaku konsumen mengalami perubahan besar.
Mulai dari adanya perubahan belanja, aktivitas sehari-hari hingga kegiatan religius yang dilakukan.
Sebagai pelaku bisnis harus memperhatikan perubahan tersebut agar dapat membuat strategi kampanye marketing yang efektif.
Sekarang ini, di Indonesia generasi Z mendominasi pasar sebesar 27.94% dari seluruh total penduduk Indonesia.
Maka itu, ada baiknya kamu mengetahui perubahan perilaku konsumen generasi Z di bulan Ramadhan. Berikut rankumannya dilansir dari kompas.com.
- Kapan Waktu Mulai Mencari Brand dan Aktif Belanja Saat Ramadhan?
Berdasarkan dari data, perilaku konsumen Generasi Z di bulan Ramadhan menunjukan bahwa ada sekitar 58% generasi Z melakukan perencanaan untuk melakukan belanja mulai dari sebelum awal Ramadhan.
Intensi mereka melakukan pembelian akan meninggi saat bulan Ramadan. Perilaku mereka sebagai konsumen dalam melakukan pembelian di bulan Ramadhan akan semakin merendah ketika menjelang Idul Fitri.
- Apa Saja Hal yang Diperhatikan Saat Belanja via Mobile?
Generasi Z cenderung melakukan belanja melalui smartphone. Maka itu, sebagai pelaku bisnis, kamu harus mengetahui juga apa saja hal yang diperhatikan mereka saat melakukan belanja.
Dengan mengerti perilaku konsumen generasi Z kita ini, maka para pebisnis bisa membuat strategi yang sesuai dengan kebutuhan mereka di bulan Ramadhan.
Generasi Z adalah penggemar diskon, maka mereka sangat menyukai promo khusus yang ada di aplikasi belanja.
Mereka bahkan cenderung tidak mau melakukan pembelian kalau diskon atau promo yang ada kurang menarik.
Tapi meskipun begitu, mereka juga memiliki aspek atau hal-hal yang mereka nilai saat melakukan belanja via mobile.
Pertama, pengembalian yang mudah. Mereka akan memiliki suatu brand atau aplikasi belanja tertentu yang menawarkan sistem refund barang.
Kedua, mereka juga akan melihat bagaimana review yang diberikan konsumen terhadap suatu produk tertentu. Mereka sangat percaya yang namanya Word of Mouth.
Ketiga, gratis ongkos kirim juga menjadi aspek yang membuat mereka melakukan pembelian. Hal ini dikarenakan generasi Z menyukai banyak promo khusus yang lebih menguntungkan mereka.
- Kemana Mereka Liburan Saat Bulan Ramadhan?
Perilaku generasi Z selanjutnya di bulan Ramadhan adalah melakukan liburan. Hal ini tentu berbeda dengan kebanyakan milenial yang lebih “family-centric”.
Generasi Z justru lebih senang melakukan liburan ke tempat lokal bahkan mancanegara untuk kesenangan.
- Bagaimana Cara Mereka Membeli Tiket?
Ketika generasi Z ingin melakukan pembelian tiket untuk liburan di Bulan Ramadan mereka lebih suka memesan tiketnya langsung melalui official website atau aplikasi dari masing-masing transportasi.
Selanjutnya mereka akan memilih untuk langsung membeli tiket di agen travel secara offline. Hanya 24% dari Generasi Z yang memilih untuk memesan dari Aggregator seperti Traveloka, atau Shopee.
RZ/MG