Tips Mengatasi Komplain dan Review Buruk dari Pelanggan untuk Bisnis Kuliner
Jumat, 29 Oktober 2021 | 00:00 WIB
LINK UMKM -
Salah satu masalah yang kerap dihadapi oleh pemilik bisnis adalah keluhan pelanggan. Keluhan pelanggan ada beragam penyebabnya. Umumnya keluhan atau komplain pelanggan ini disampaikan di tempat, melalui nomor kontak ataupun media sosial. Jika keluhan pelanggan tidak ditangani dengan baik, pelanggan bisa saja meninggalkan komentar atau review buruk di halaman akun bisnis ataupun Google Review.
Bagi bisnis kuliner, review atau ulasan pelanggan adalah salah satu hal yang penting. Sebab dengan review yang baik dapat menarik pelanggan lain untuk menikmati sajian kuliner tersebut. Penting bagi pemilik bisnis untuk mengatasi keluhan pelanggan dengan baik. Namun, tak jarang banyak pemilik bisnis yang bingung dalam mengatasi komplain pelanggan. Simak tips mengatasi komplain dari review buruk dari pelanggan di bawah ini!
1. Pahami konteks terlebih dahulu.
2. Sampaikan permohonan maaf.
3. Pelanggan belum tentu benar.
4. Berikan compliment.
5. Tetap berikan service yang terbaik.
Mengelola bisnis kuliner tidaklah mudah, apalagi ketika menghadapi keluhan pelanggan. Tapi, bisnis kuliner harus terbuka untuk kritik dan saran. Dengan kritik dan saran, membuat bisnis kuliner menjadi lebih baik dan berkembang ke depannya. Jangan anti dengan kritik, ya!
RZ/MG