6 Tips Membuat Nama Brand Atau Merek Yang Menarik

Jumat, 21 Januari 2022 | 11:00 WIB

Ilustrasi Merek atau Brand. (Foto: whiteoakrg.com)

Brilian -  Sebuah nama merek sangat berpengaruh terhadap kesuksesan sebuah bisnis. Sebelum membuat nama merek, perlu dilakukan analisa terlebih dahulu. Tujuannya adalah agar nama merek yang Anda pilih mampu memberikan identitas terbaik bagi kelancaran bisnis Anda dalam jangka panjang.

Coba kita ambil contoh merek perusahaan kelas kakap yang terkenal, seperti Google, Android, Facebook dll. Nama merek tersebut sangat lekat di kalangan masyarakat, mereka menguasai pelaku pasar online dan offline. Nah, untuk membuat nama merek seperti mereka ada kiat – kiat yang harus dilakukan.

Untuk memperoleh nama merek yang menarik memerlukan waktu yang tidak sebenar. Anda harus melakukan riset terlebih dahulu, mulai dari nama yang catchy hingga bebas hak paten. Jadi, Kumpulkan terlebih dahulu ide – ide yang ada kemudian tulis daftar nama merek tersebut. Lakukan analisa secara mendalam untuk memilih nama merek terbaik.

Agar anda berhasil memilih nama brand yang mantap dan menarik, berikut ini ada beberapa poin yang perlu Anda perhatikan sebelum memilih nama brand. Semoga penjelasan berikut ini dapat memberikan informasi tambahan Untuk Anda.

Nama Merek Mencerminkan Produk yang Ditawarkan
Nama merek bisnis Anda harus benar – benar sinkron dengan produk yang ditawarkan. Misal nama merek “gear” . Nama merek tersebut sangat tidak cocok jika produk Anda berupa makanan ringan. Karena kata gear lebih cocok untuk produk yang bergelut di bidang Automotif.

Buat Merek Yang Mudah Diingat
Membuat nama merek harus memikirkan tentang kemudahan nama tersebut untuk diingat. Karena dengan nama yang mudah diingat membuat produk Anda selalu menjadi pilihan saat konsumen mencari produk yang berkaitan.

Untuk memilih nama merek yang mudah diingat bisa Anda lakukan dengan cara mencari kata – kata simple yang populer di telinga masyarakat.

Merek Mudah Diucapkan
Selain mudah diingat, nama merek yang anda buat harus mudah untuk diucapkan. Coba anda sebut kan nama merek yang telah anda pilih secara lantang, jika gamblang maka anda bisa menerapkan nama merek tersebut.

Merek Memiliki Hubungan Dengan Logo
Jika logo merek Anda mengandung unsur pesan yang kuat terhadap nama merek, maka merek Anda menjadi lebih cepat diingat oleh audiens atau konsumen Anda. Carilah nama merek yang bisa disisipkan pada logo yang ingin Anda gunakan, buat logo yang memiliki kandungan kekuatan sebuah merek Anda.

Memiliki keunikan tersendiri
Usahakan nama merek yang Anda pilih merupakan nama unik dan berbeda dari yang lain. Atau anda bisa membuat nama merek yang lebih menonjol dari kompetitor Anda. Nama yang berbeda dan unik akan membuat konsumen dan audiens merasa penasaran dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan dan kemudian menjadi pelanggan setia bisnis Anda.

Hindari Merek yang Sama
Untuk menghindari nama merek yang sama, sekarang ini sudah tersedia mesin pencari yang luar biasa canggih. Silahkan Anda cek nama tersebut melalui search engine Google. Masukkan kata kunci dengan mengetikkan nama merek Anda. Dengan cepat Google akan menampilkan data pencarian yang Anda perlukan.

Pilihlah nama merek yang bersih dan terhindar dari copy right. Gunakan list atau daftar merek yang telah Anda tentukan sebelumnya untuk dilakukan riset pada mesin pencari Google.

Sumber: kolomsatu.com

odi r

25 Agustus 2017 | 12:16:26 WIB 7 tahun lalu

ioqhtieuhrtfnl3w

rahmi rohdiniyah

24 Agustus 2017 | 15:37:17 WIB 7 tahun lalu

fjfjfhdye

Komentar

Media Lainnya

Hi!👋
Linda (Link UMKM Digital Assistant)
Chat via WhatsApp disini !

x