10 Kunci Sukses Sesuai Aturan Elon Musk

Rabu, 27 April 2022 | 16:00 WIB

Ilustrasi Elon Musk (Foto : Istimewa)

LINKUMKM -  Elon Musk merupakan pengusaha, penemu dan industrialis dari Amerika Serikat. Elon Musk merupakan pendiri dan CEO Space X.

SpaceX merupakan perusahaan transportasi luar angkasa swasta Amerika Serikat yang memiliki andil dalam peluncuran satelit Merah Putih milik PT. Telkom Indonesia. Reputasi SpaceX sebagai salah satu perusahaan antariksa swasta populer di dunia sudah tak diragukan lagi oleh masyarakat berkat peran hebat dari para karyawannya termasuk pendirinya, Elon Musk.

Menurut majalah Forbes (2016), Elon Musk termasuk dalam orang paling berkuasa di dunia (peringkat ke-21). Selain karena berbagai usaha gigihnya, Elon Musk juga punya aturan tersendiri dalam meraih berbagai kesuksesannya, penasaran? Yuk simak!

1. Jangan pernah menyerah
Elon Musk pernah mengalami kegagalan dan kebangkrutan, namun ia tetap bangkit hingga ia sukses dan memiliki perusahaan produksi roket swasta populer didunia.

2. Sukai apa yang kamu kerjakan
Hidup ini singkat, lakukanlah sesuatu yang kamu sukai, jangan buang waktumu untuk hal yang tidak kamu sukai. Jadi jika nantinya kita mengalami sebuah kegagalan, maka akan ada motivasi untuk bangkit dan memulai kembali pekerjaan yang kita sukai tersebut.

3. Jangan dengarkan kata orang
Terkadang saat kita ingin mengembangkan sebuah ide, akan ada orang yang melontarkan petuah yang justru malah membuat semangat kita menurun. Dalam kasus ini cobalah untuk mengikuti kata hati, karena kamulah yang berhak mengatur jalan hidupmu sendiri. Jika ada teman yang memberi nasihat, cobalah untuk ambil sisi positifnya.

4. Berani mengambil risiko
Sebagaimana yang pernah Musk sampaikan saat menyampaikan sebuah pidato, semakin bertambahnya usia, kewajiban hidup kita juga akan semakin meningkat. Mumpung kewajiban belum semakin berat nantinya, maka mulailah ambil risiko dan lakukanlah hal yang berani mulai dari sekarang, kamu tak akan menyesal nantinya

5. Lakukan sesuatu yang penting
Sesuatu yang penting pasti akan membawa manfaat. Maka berusahalah untuk melakukan hal tersebut meski ada kemungkinan gagal nantinya. Selama yang kita kerjakan akan bermanfaat bagi orang lain, maka kesuksesan akan kita dapatkan nantinya.

6. Fokus pada hal yang penting, jangan buang waktu!
Musk tidak pernah menghabiskan uangnya untuk keperluan periklanan, karena baginya jika produknya berkualitas maka dengan sendirinya akan banyak dikenal orang tanpa perlu mengiklankannya. Maka fokuslah dalam menyusun kualitas produk, fokuslah pada hal yang akan lebih memberi dampak dan jangan buang-buang waktumu untuk melakukan hal yang hampir sia-sia.

7. Cari orang yang mampu memecahkan masalah
Orang yang bekerja keras dalam menyelesaikan masalahnya, secara tak langsung dia juga menempa dirinya untuk menjadi seorang yang berpengalaman dan akan mampu menjadi pemecah masalah. Saat dia diminta untuk mencari solusi dari suatu masalah nantinya dia akan dengan mudah menjawabnya sesuai dengan apa yang pernah ia alami. Seorang pemecah masalah adalah ahli, seorang ahli biasanya banyak dicari.

8. Tarik orang-orang berbakat
Untuk menghasilkan output yang baik, perlu adanya kinerja kelompok usaha yang baik. Kelompok adalah sekumpulan orang yang bekerja bersama dalam rangka menghasilkan produk/jasa.
Sudah semestinya orang-orang dalam kelompok tersebut harus kompeten dan berbakat. Jadi lakukan apapun yang kamu bisa untuk mengumpulkan dan menciptakan orang-orang hebat demi lancarnya usahamu.

9. Miliki &039;produk&039; yang hebat
Misal kamu ingin menjadi seorang pebisnis, maka buatlah produkmu hebat daripada produk lain. Jika kamu menemukan produk yang hebat di luar sana, maka buatlah produkmu lebih hebat darinya, karena konsumen akan selalu haus dengan produk yang hebat.

10. Bekerja super giat
Jika pesaingmu bekerja keras dalam mewujudkan tujuannya, maka kamu harus bekerja super keras agar hasilmu menjadi beberapa tingkat lebih baik daripada hasil yang pesaingmu peroleh.


Yuk, kalau kamu mau sukses, coba praktikkan aturan yang telah diterapkan oleh Elon Musk ini. Selamat mencoba dan sukses selalu Sobat Wirausaha Brilian!

Komentar (3)

  • TONNY ADHI SAPTONO

    28 Mei 2022 | 12:09:06 WIB

    Wow..!!

    4 minggu lalu

  • DRA RR ENDANG DEWI PUDJOWATI

    28 April 2022 | 14:59:23 WIB

    Brillian

    1 bulan lalu

  • DRA RR ENDANG DEWI PUDJOWATI

    28 April 2022 | 13:20:02 WIB

    Setuju

    1 bulan lalu