Joki Game, Jasa Unik Generasi Milenial

Selasa, 26 April 2022 | 15:07 WIB

Ilustrasi (Foto: Pixabay)

LINKUMKM -  Generasi milenial kerap menciptakan gebrakan di dunia usaha. Salah satu yang cukup unik yaitu joki gim.

Peran joki gim yaitu memainkan hingga peringkat atau level tertentu akun gim sang penyewa.

Joki game ini biasanya diisi orang yang ahli di bidang gim. Mereka disebut sebagai pemain gim profesional.

Selain piawai dalam memainkan gim jenis tertentu, kemampuan lain yang dimiliki yaitu mampu memainkan gim hingga berjam-jam.

Kemampuan ini diganjar dengan bayaran yang menggiurkan.

Umumnya, para joki gim ini mengiklankan diri di layanan forum gim dan percakapan. Tak jarang juga, mereka menggunakan media sosial untuk mempromosikan keahlian mereka.

Jasa unik ini telah mulai merebak sejak gencarnya gim bergenre MMOPRG, Nexia pada 2001. Fenomena itu makin merebak setelah kemunculan gim Ragnarok Online dan RF Online.

Hingga kini, bisnis joki gim online masih merebak. Salah satunya lewat jasa gim mobile seperti Mobile Legends dan PUBG.

Joki Mobile Legends misalnya dibayar hingga puluhan juga per musim untuk menembus peringkat dunia, atau Top Global. Bahkan, beredar informasi, joki profesional dengan status pemain gim profesional yang dibayar dengan angka Rp100 juta.

Seorang mahasiswi Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Lambung Mangkurat (ULM), Vebby Syafitri, mengatakan, menerima jasa joki gim PUBG dan Mobile Legends. Dia mendapat Rp1 juta per pekan. Aktivitas itu telah dijalani sejak 2016.

Meski demikian, untuk menyewa jasa ini, sejumlah orang perlu waspada. Sebab, tak jarang ada oknum penipu berkedok joki gim.

Untuk memastikan keaslian, penggemar gim dapat melihat komentar atau review atas kinerja joki gim tersebut.

Komentar (2)

  • DRA RR ENDANG DEWI PUDJOWATI

    28 April 2022 | 15:00:18 WIB

    Serba joki

    2 tahun lalu

  • DRA RR ENDANG DEWI PUDJOWATI

    28 April 2022 | 13:22:27 WIB

    Usaha baru

    2 tahun lalu

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.21 seconds