Tips Jitu Pemasaran Sayuran Organik

Kamis, 29 September 2022 | 10:00 WIB

Ilustrasi sayuran organik (Pixabay)

Brilian - Sayuran organik mulai dikenal masyarakat seiring dengan meningkatnya kesadaran untuk mengkonsumsi makanan sehat. Kelebihan sayuran organik bebas dari pestisida dan zat kimia berbahaya lainnya.


Namun untuk memasarkannya lebih sulit dibanding sayuran biasa karena selain harganya lebih mahal, belum banyak yang mengetahui kelebihan sayuran organik. Berikut tips untuk memasarkan sayuran organik:

1. Penjualan langsung
Jika lokasi lahan atau kebun mudah dijangkau, Anda bisa membuka penjualan langsung ke konsumen. Berbeda dengan konsumen sayuran biasa, konsumen sayuran organik bersedia mendatangi kebun untuk memastikan sayuran yang akan dibeli.

2. Mengembangkan konsep agrowisata
Seiring dengan berkembangnya agrowisata, Anda bisa menawarkan konsep petik sendiri di kebun. Konsumen memilih dan memetik sendiri sayuran yang ingin dibeli di kebun.

3. Menawarkan ke komunitas konsumen organik
Anda bisa menjual langsung ke komunitas konsumen yang memang mengkonsumsi sayuran organik. Namun sebelumnya, Anda harus lebih dulu membangun jaringan dengan mereka sehingga lebih mudah saat memasarkan produk Anda. 

4. Menjual melalui ritel modern dan koperasi
Strategi pemasaran lainnya dengan menitipkan produk Anda ke pasar ritel modern. Sebagian ritel modern telah menjual sayuran organik. Selain itu, Anda bisa bekerja sama dengan koperasi petani dalam memasarkan sayuran organik.

5. Membuka toko sendiri
Jika memiliki modal cukup, Anda bisa membuka toko sayuran organik sendiri. Cara ini akan memudahkan Anda dalam memasarkan sayuran organik. Namun jika modal pas-pasan, Anda bisa membuka toko dengan menjalin kemitraan.

Komentar (1)

  • Borsak sihombing

    15 Februari 2019 | 12:23:04 WIB

    Sangat bagus infonya

    5 tahun lalu

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.1437 seconds