Tips Memulai Usaha Tanaman Hias

Rabu, 31 Agustus 2022 | 09:19 WIB

Tanaman hias (Foto:Flickr)

Brilian - Usaha sektor agribisnis atau pertanian merupakan salah satu jenis bisnis yang potensial dikembangkan di Indonesia. Salah satu agribisnis yang menjanjikan keuntungan adalah usaha tanaman hias.

Jika Anda memiliki hobi bertanam dan merawat tanaman hias, Anda bisa menjadikannya sebagai cara untuk mendapatkan penghasilan. Caranya dengan membuka usaha tanaman hias sehingga Anda bisa menyalurkan hobi sekaligus mendapatkan keuntungan.

Berikut beberapa hal yang harus Anda persiapkan jika ingin memulai usaha tanaman hias:

1. Pengetahuan tentang tanaman hias
Sebelum menekuni usaha tanaman hias, sebaiknya Anda membekali diri dengan pengetahuan yang memadai. Paling tidak, Anda harus memiliki pengetahuan dasar tentang tanaman hias.

Cari informasi sebanyak-banyaknya tentang tanaman hias termasuk jenis, cara merawat dan bagaimana menjadikannya lebih indah. Anda bisa mendapatkan pengetahuan itu lewat buku pertanian, internet atau berguru langsung dengan pelaku usaha tanaman hias yang sudah berpengalaman.

Salah satu penyebab usaha tanaman hias mengalami kegagalan di awal karena minimnya pengetahuan yang dimiliki pelaku usaha. Akibatnya ketika muncul kendala, mereka tidak bisa mengatasinya.

2. Lokasi strategis
Lokasi berjualan menjadi salah satu faktor penunjang kesuksesan usaha tanaman hias. Anda bisa menyewa tempat di lokasi yang ramai dan mudah dijangkau calon konsumen.

Namun jika belum ada dana untuk sewa tempat, Anda bisa memulai memulai usaha tanaman hias di halaman atau pekarangan rumah. Apalagi jika letak halaman rumah Anda menghadap ke jalan yang ramai lalu lalang orang atau kendaraan.

Selain lokasi strategis, Anda juga perlu memperhatikan kesesuain suhu dengan tanaman hias Anda.

3. Pemilihan jenis tanaman hias
Pemilihan jenis tanaman hias yang tepat akan menjadikan bisnis tanaman hias Anda bertahan dan berkembang. Ada beragam jenis dan varietas tanaman hias yang harus Anda pilih.

Anda bisa memilih menjual dan membudidayakan jenis tanaman hias yang sedang trend. Selain itu Anda harus jeli melihat tanaman hias yang akan menjadi trend di kemudian hari. Atau Anda juga bisa menjual jenis tanaman hias sesuai dengan lingkungan di sekitar lokasi.

4. Persiapkan media tanam
Anda harus memahami berapa kebutuhan media tanam untuk tanaman hias Anda. Media tanam yang berkualitas akan bisa menjaga tanaman Anda tetap subur dan segar. Jika Anda sudah mampu membuat media tanam sendiri akan meminimailisir biaya dalam persiapan bisnis tanaman hias.

5. Aspek keamanan
Perhatikan aspek keamanan lokasi tempat Anda membuka usaha. Lokasi usaha tanaman hias biasanya berada di pinggir jalan raya yang ramai sehingga rawan tindakan pencurian. Apalagi jika jenis tanaman hias yang dijual memiliki nilai ekonomis tinggi.

6. Sarana pendukung
Sarana pendukung usaha tanaman hias juga perlu Anda persiapkan. Misalnya tempat untuk memajang tanaman hias, taman kecil, ruang penyimpanan, ruang budidaya tanaman, ruang pembibitan dan sebagainya.

6. Promosi dan penjualan
Promosi dan penjualan tanaman hias bisa dilakukan melalui penyebaran brosur dan mengikuti pameran tanaman hias. Selain itu Anda juga bisa melakukan promosi dan penjualan secara online melalui toko online, marketplace dan media soasial. 

Ikuti : Kompetisi UMKM Kekinian dan raih hadiah ratusan juta rupiah!

Komentar (3)

  • DWI HADI SUSILO

    21 Sepember 2022 | 00:33:14 WIB

    Sangat membantu materi sngat manfaat

    1 minggu lalu

  • Moryta robasa Sinaga

    19 Sepember 2022 | 06:14:12 WIB

    Sangat menarik

    2 minggu lalu

  • DWI HADI SUSILO

    15 Sepember 2022 | 18:47:57 WIB

    Untuk usaha tanaman hias apakah ad bibitny di wilayah jawa tengah

    2 minggu lalu