Tips Jitu untuk Naikkan Penjualan

Selasa, 30 Agustus 2022 | 10:12 WIB

Ilustrasi penjualan (Pixabay)

BRI - Penjualan menjadi ujung tombak untuk meraih kesuksesan dalam bisnis. Semakin tinggi tingkat penjualan tentu semakin besar keuntungan yang didapat.

Namun untuk mempertahankan penjualan tetap stabil atau bahkan menaikannya ke level lebih tinggi bukan pekerjaan mudah. Ada beberapa strategi, baik konvensional maupun online yang dapat Anda lakukan untuk mempertahankan penjualan seperti dilansir dari quickbooks:

1. Sampel Gratis
Usaha rintisan dan usaha kecil biasanya tidak memiliki dana pemasaran untuk meyakinkan konsumen. Strategi yang bisa Anda lakukan adalah menyediakan sampel gratis. Dengan sampel gratis, konsumen bisa mencoba produk atau layanan sebelum membeli.

Selain memiliki kesempatan menjadikan konsumen sebagai klien jangka panjang, Anda juga bisa mendapatkan keuntungan dari promosi dari mulut ke mulut jika sampel Anda berhasil. Sampel gratis juga memungkinkan Anda mendapatkan feedback untuk mengidentifikasi kekurangan produk Anda.

2. Potongan harga
Anda bisa memberikan diskon kepada konsumen lama dan baru. Diskon untuk konsumen baru agar mereka tertarik mencoba dan kemudian membeli produk Anda. Sedangkan untuk konsumen lama, diskon sebagai penghargaan karena loyalitas telah menggunakan produk Anda.

3. Email Marketing
Anda juga bisa memanfaatkan email marketing untuk menjual produk. Saat menghubungi konsumen melalui email, hindari penggunaan program pemasaran otomatis.

Batasi pesan dalam beberapa kalimat yang bisa mendorong penerima untuk menghubungi Anda melalui telepon. Tujuannya untuk memulai proses membangun kepercayaan konsumen terhadap produk Anda.

4. Media Sosial
Selain email marketing, Anda juga bisa memanfaatkan media sosial untuk strategi penjualan produk Anda. Dengan media sosial, Anda dapat mengumpulkan konsumen sekaligus mendapatkan feedback dari mereka terkait produk Anda. Media sosial juga memungkinkan Anda selalu dekat dengan konsumen. Anda bisa mengirimkan pengingat singkat yang berisi promosi produk baru atau produk yang akan datang.

5.Tawarkan pelayanan lebih
Penjualan tidak bisa bisa dilepaskan dengan pelayanan. Agar sukses dalam penjualan, tidak hanya mencari konsumen tetapi juga mempertahankannya dalam jangka panjang. Dengan memberikan pelayanan terbaik akan semakin meningkatkan loyalitas konsumen.

Ikuti : Kompetisi UMKM Kekinian dan raih hadiah ratusan juta rupiah!

Komentar (2)

  • Moryta robasa Sinaga

    19 Sepember 2022 | 06:14:39 WIB

    Trikasih

    2 minggu lalu

  • DWI HADI SUSILO

    15 Sepember 2022 | 18:49:00 WIB

    Terima kasih atas ilmuny sangat bermanfaat

    2 minggu lalu