Strategi Berbisnis di Era Digital

Jumat, 30 September 2022 | 10:12 WIB

Ilustrasi wirausaha (Foto:pixabay)

Brilian - Marketing atau pemasaran berperan penting dalam memengaruhi perkembangan bisnis Anda. Pemasaran dibutuhkan untuk memperkenalkan produk atau jasa yang Anda tawarkan kepada konsumen.

Di era digital, pemasaran juga bisa dilakukan secara digital dengan memanfaatkan teknologi. Berikut strategi bisnis di era digital yang harus Anda lakukan agar tidak tertinggal dari kompetitor.

1. Meningkatkan customer engagement
Perkembangan teknologi memberikan kemudahan dalam berkomunikasi. Anda bisa memasang aplikasi chat pada situs e-commerce Anda sehingga memudahkan konsumen berkomunikasi dengan customer service.

Upaya ini bisa meningkatkan engagement dengan konsumen. Mereka akan kembali lagi mengunjungi situs kamu ketika membutuhkan sesuatu.

2. Memahami perilaku konsumen
Anda bisa mengamati perilaku konsumen melalu forum atau media sosial. Perhatikan apa yang mereka butuhkan, kecenderungan belanja, produk apa yang sedang populer dan lain-lain. Memahami perilaku konsumen sangat penting sebagai dasar untuk mengembangkan bisnis, terutama ketika akan melakukan inovasi.

3. Membekali SDM dengan pengetahuan digital
Pastikan Anda merekrut karyawan yang melek teknologi sehingga memahani strategi bisnis digital Anda. Jika mereka belum matang dalam memanfaatkan teknologi, Anda bisa memberikan pembekalan keterampilan digital yang memadai.

4. Marketing melalui media sosial
Anda bisa menggunakan media sosial untuk mendukung pemasaran produk atau jasa yang Anda tawarkan. Pemasaran dengan media sosial efektif untuk menyasar konsumen sesuai target yang diinginkan. Selain itu jangkauannya luas sehingga membuka peluang untuk menjaring banyak konsumen.

5. Berani mengambil risiko
Kegagalan merupakan risiko dalam menjalankan bisnis. Ini juga berlaku ketika Anda menerapkan strategi digital dalam bisnis. Digitalisasi penting agar tidak tertinggal dari kompetitor. Jadi Anda harus siap dengan segala risikonya.

Hanya yang perlu diingat, strategi digital yang Anda rancang harus matang. Strategi digital Anda harus mentransformasikan bisnis secara menyeluruh, tidak hanya pada strategi individual.

Komentar (0)

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.1269 seconds