Stok dan Cashflow Teratur, Bisnis Kafe Makin Sukses

Senin, 22 April 2024 | 08:00 WIB

Ilustrasi Bisnis Kafe (Kompas.com)

LINK UMKM - Keberhasilan sebuah kafe tak hanya terletak pada rasa makanan dan minumannya, tapi juga pengelolaan stok dan arus kas yang baik. Stok yang terjaga memastikan produk selalu tersedia, sehingga konsumen tak kecewa. Melalui Kompas.com, Bimo Faturahman, pengelola Ouwie Caffe & Eatery, memiliki kiat khusus dalam mengelola stok:

Gandeng Coffe Roaster

Keterbatasan waktu dan pengetahuan pemilik kafe dalam mencari bahan baku kopi berkualitas dapat menjadi tantangan. Pemilik kafe dapat menggandeng roaster terpercaya untuk menghemat waktu, tenaga, dan biaya. Roaster akan memasok biji kopi berkualitas yang sudah di-roasting, sehingga kafe hanya perlu meraciknya.

Lakukan Belanja Rutin untuk Bahan Baku Segar

Kesegaran bahan baku lain seperti sayur, daging, dan udang juga menjadi kunci utama. Lakukan belanja rutin dari pemasok terpercaya atau langsung ke pasar untuk menjaga kualitas bahan baku. Ouwie Caffe & Eatery mendapatkan bahan baku dari pemasok dan pasar untuk menjaga kualitasnya.

Selalu Mengecek Persediaan Setiap Hari

Bimo mengungkapkan bahwa mengecek persediaan bahan baku setiap hari sangatlah penting, untuk menghindari kehabisan stok bahan baku. Pastikan untuk selalu berbelanja dan menambah stok bahan yang hampir habis. “Kami selalu cek bahan setiap hari. Tidak boleh sampai sold out. Kami berupaya untuk bisa terus belanja terus. Barang yang tinggal sedikit harus ditambah,” jelas dia.

Jaga Cashflow

Menjaga cashflow atau arus kas merupakan kunci utama kelancaran bisnis kafe. Lakukan strategi marketing yang efektif untuk menarik pengunjung, atur keuangan dengan baik, dan sediakan berbagai metode pembayaran untuk memudahkan konsumen. Penggunaan QRIS BRI terbukti membantu meningkatkan kenyamanan konsumen dalam bertransaksi dan berdampak positif pada cashflow kafe.

***

FF/NAH

Komentar (0)

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.1215 seconds