Kiat Sukses Usaha Kerajinan Tangan

Rabu, 29 Juni 2022 | 08:43 WIB

Tas hasil kerajinan tangan (Pixabay)

LINK UMKM -  Kerajinan tangan masih menjadi salah satu bisnis yang menjanjikan. Selain pasar lokal, produk kerajinan tangan terbuka lebar untuk merambah pasar internasional.

Tak heran jika banyak orang tergiur untuk menekuni usaha ini. Namun untuk menjalankannya tidak hanya membutuhkan kemauan kuat tetapi juga kreativitas tinggi.

Ada beberapa tips agar usaha kerajinan tangan dapat tumbuh dan berkembang. Tips ini bisa Anda terapkan untuk usaha kerajinan tangan Anda.

1. Mulailah dari hobi 
Melakukan hal yang Anda sukai akan membuat Anda lebih bersemangat dalam berkreasi. Banyak orang menekuni usaha kerajinan tangan berawal dari hobi. Anda pun bisa memanfaatkan hobi Anda untuk meraup keuntungan.

Jangan hanya memandang usaha kerajinan dari sisi keuntungan semata tetapi juga dari sisi kreativitas. Cara pandang ini akan membantu Anda terus berkreasi saat usaha Anda mengalami pasang-surut.

2. Observasi pasar
Sebelum memulai usaha, Anda perlu melakukan observasi pasar. Tujuannya mendapatkan informasi harga yang sesuai untuk kreasi Anda. Observasi pasar akan meminimalisir kesalahan Anda dalam menentukan harga karena jika terlalu mahal akan sulit mendapatkan pembeli. Sebaliknya jika terlalu murah, margin keuntungan akan sangat minim.

3. Menentukan jenis kerajinan tangan
Jangan berpikir kerajinan tangan kreasi Anda pasti diminati konsumen. Tidak selamanya apa yang Anda anggap menarik akan laris di pasaran. Anda harus menentukan segmen pasar yang dibidik sebelum memutuskan jenis usaha kerajinan tangan Anda.

4. Terus berinovasi
Saat memulai bisnis, suka atau tidak suka Anda akan menghadapi persaingan karena banyak orang menekuni bisnis serupa. Hadapi persaingan dengan terus berinovasi menciptakan kreasi baru yang memiliki nilai lebih di mata konsumen.

5. Perluas wawasan dengan membangun jaringan
Mebangunan jaringan bisa dilakukan dengan menjalin komunikasi sesama perajin. Selain membuka wawasan dengan bertukar pikiran, Anda juga bisa menimba ilmu dari sesama perajin. Membangun jaringan bisnis penting untuk memperlancar usaha Anda.

Komentar (0)

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.1549 seconds