Menangguk Untung dari Bisnis Minuman Dingin

Senin, 27 Juni 2022 | 08:46 WIB

Ilustrasi minuman dingin (Foto: Pixabay)

LINK UMKM - Siapa yang tidak suka minuman dingin dengan berbagai varian tetapi harganya murah? Minuman dingin sangat cocok untuk masyarakat tropis seperti Indonesia. Mengkonsumsi minuman dingin di siang terik tentu sangat menyegarkan.

Minuman dingin tidak hanya disukai anak-anak tetapi juga orang dewasa. Pasar yang luas inilah yang menjadi salah satu penyebab menjamurnya bisnis minuman dingin di sekitar Anda.

Selain itu, untuk mengelola usaha ini tidak perlu keahlian khusus. Apalagi jika Anda memilih minuman sachet. Saat ini, minuman sachet telah menjamur dan memiliki beragam varian.

Anda 4 hal yang harus Anda perhatikan ketika memulai bisnis minuman dingin:

1. Pilih lokasi strategis 
Memilih lokasi penting agar usaha Anda bisa cepat tumbuh dan berkembang. Pilih lokasi yang ramai misalnya di perumahan, dekat sekolah, kampus dan tempat keramaian lainnya.

Selain mencari tempat strategis, Anda juga harus melihat sekitar, apakah sudah ada yang membuka usaha minuman dingin. Kalau sudah ada, Anda harus memikirkan nilai lebih produk Anda dibanding yang sudah ada.

2. Tempat berjualan unik
Kios unik bisa menjadi salah satu cara untuk menarik perhatian calon pembeli, apalagi berada di lokasi strategis. Mereka yang penasaran akan mampir ke kios Anda. Berapa biaya yang dibutuhkan untuk mendandani kios Anda menjadi unik bisa disesuaikan dengan budjet yang tersedia.

3. Minuman yang disukai anak-anak
Anak-anak merupakan pasat potensial minuman dingin. Anda dapat melakukan riset kecil untuk mengetahui minuman apa yang disukai anak-anak.

Anda juga bisa membuat minuman dingin sendiri dengan menambah inovasi dari minuman yang sudah dijual di pasaran. Misalnya dengan menambahkan toping untuk menarik perhatian anak-anak.

4. Kemasan menarik
Jika tiga hal di atas sudah Anda lakukan. Langkah selanjutnya mengemas produk minuman Anda semenarik mungkin. Anda perlu memikirkan misalnya wadah yang digunakan seperti apa. Jika bingung, Anda bisa menggunakan jasa desainer produk untuk membuatnya.

Komentar (0)

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.1306 seconds