Tips Memaksimalkan Pemasaran Konvensional

Minggu, 19 Juni 2022 | 08:00 WIB

Ilustrasi marketing (Foto: pxhere)

LINK UMKM - Pemasaran adalah strategi menjual produk yang ikut menentukan sukses atau tidaknya sebuah bisnis. Strategi pemasaran yang jitu berperan besar dalam meningkatkan penjualan dan sebaliknya.

Pemasaran menjadi salah satu masalah yang dihadapi wirausaha, terutama pemula. Mereka mungkin memiliki produk berkualitas namun bingung bagaimana cara memasarkannya.

Di era seperti sekarang, banyak wirausaha yang menerapkan pemasaran secara online. Meski demikian bukan berarti cara klasik harus ditinggalkan.

Anda sebagai pelaku usaha bisa menggunakan keduanya, pemasaran online dan klasik. Pertanyaannya pemasaran klasik seperti apa yang masih jadi tren hingga sekarang?

1. Tatap muka
Pemasaran secara face to face atau tatap muka dengan cara mengunjungi pelanggan masih sangat efektif. Anda dapat menunjukkan produk kepada konsumen dan sebaliknya calon pembeli dapat menilai kualitas barang yang akan dibeli. Pemasaran tatap muka bisa memimalisir kekecewaan pembeli atas produk yang sudah dibeli.

2. Melayani sepenuh hati
Sikap sabar dalam menghadapi konsumen akan berdampak positif bagi usaha Anda. Mungkin Anda akan bertemu dengan konsumen yang &039;menjengkelkan&039; dengan mengajukan pertanyaan yang sama secara berulang-ulang. Menghadapi situasi seperti ini Anda tetap harus menjelaskannya dengan sepenuh hati.

Sebanyak apa pun pertanyaan yang diajukan, usahakan untuk memberikan penjelasan dengan sabar. Bukankah pembeli adalah raja?

3. Diskon
Siapa yang tidak ingin mendapatkan potongan harga? Pemberian diskon bisa Anda terapkan untuk pembelian dengan nominal tertentu. Dengan pemberian diskon membuka peluang besar konsumen untuk membeli produk Anda.

4. Pendekatan personal
Banyak cara yang bisa dilakukan dalam melakukan pendekatan personal kepada konsumen. Selain mengabari mereka ketika ada produk baru, Anda bisa meminta mereka untuk memberikan penilaian terhadap pelayanan dan kualitas produk Anda.

Hubungan personal akan mendekatkan penjual dan pembeli meningkat. Dengan begitu, pembeli acapkali merasa lebih nyaman. Kepercayaan pembeli juga akan meningkat karena sudah ada hubungan dekat diantara keduanya.

5. Cepat Tanggap
Dalam berbisnis, kepercayaan konsumen merupakan sesuatu yang sangat penting. Sikap cepat tanggap merupakan salah satu cara untuk meningkatkan rasa kepercayaan konsumen terhadap penjual.

Anda bisa melakukannya misalnya dengan menjawab pertanyaan atau keluhan konsumen dengan cepat. Kalau pun Anda belum bisa menjawab, beritahu konsumen agar bersedia menunggu jawaban Anda.

Komentar (0)

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.1934 seconds