Rius Vernandes: Ungkap Sejarah Salted Egg Dari Brebes ke Dunia dalam Film Dokumenter

Selasa, 30 April 2024 | 08:00 WIB

Ilustrasi Rius Vernandes (Kompas.com)

LINK UMKM - Youtuber dan pemilik restoran Sec Bowl, Rius Vernandes, pada Sabtu (16/3/2024) meluncurkan film dokumenter pendek berjudul "The Salted Egg-Sperts". Film dokumenter ini mengangkat kisah perjalanan Rius dalam mendalami telur asin, bahan utama hidangan ayam goreng telur asin (salted egg chicken) yang menjadi andalan Sec Bowl. Rius terdorong untuk mencari asal-usul hidangan ini dan menelusuri potensinya di Indonesia.

Salah satu misi Rius adalah bertemu dengan penemu resep salted egg chicken pertama di Indonesia. Ia pun menjelajahi Brebes, Jawa Tengah, sebagai kota penghasil telur asin terbesar di Indonesia. Di sana, Rius berbincang dengan para pelaku usaha telur asin, termasuk pemilik toko HTM Jaya Brebes, yang telah berdiri sejak 1995.

Dinah, pemilik HTM Jaya Brebes, menjelaskan keunikan resep telur asin mereka yang menggunakan garam rebus, abu gosok, dan bata merah. Perbedaan resep ini menjadi ciri khas masing-masing toko telur asin di Brebes.

Rius kemudian mengunjungi Singapura, tempat ia pertama kali mencicipi salted egg chicken di restoran Cui Xiang Yuan. Di sana, ia berbincang dengan Alex, sang pemilik, yang mengaku menciptakan hidangan ini pada tahun 2006 secara tidak sengaja.

Alex menceritakan bahwa salted egg chicken merupakan hasil eksperimennya dengan koki asal Malaysia, menggunakan telur asin Indonesia. Hidangan ini kemudian menjadi tren di berbagai negara, termasuk Indonesia.

Rius yakin bahwa salted egg chicken memiliki potensi besar untuk menjadi hidangan favorit di Asia Tenggara. Ia bercita-cita untuk melestarikan nilai salted egg chicken dan mewariskannya kepada generasi muda Indonesia.

Saat ini, Sec Bowl telah memiliki sekitar lima varian rasa saus telur asin. Rius dan timnya berencana untuk terus berinovasi dan menghadirkan berbagai hidangan baru yang menarik di masa depan.

Terinspirasi dari kisah Youtuber Rius Vernandes dan film dokumenternya "The Salted Egg-Sperts", yuk kita manfaatkan potensi besar salted egg untuk menciptakan inovasi kuliner yang menarik!

***

FF/NAH

Komentar (0)

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.1282 seconds