4 Tips Bisnis Kuliner Kemasan ala Pemilik Maipeh Food

Senin, 22 April 2024 | 08:00 WIB

Ilustrasi Hotifah, Owner Maipeh Food, UMKM Kentang Mustofa dengan produknya (Kompas.com)

LINK UMKM -  Dalam dunia bisnis yang kompetitif, belajar dari pengalaman para pelaku usaha sukses dapat memberikan inspirasi bagi mereka yang baru memulai atau sedang berjuang dalam bisnis mereka sendiri.

Dilansir dari Kompas.com - Hotifah, pemilik Maipeh Food, adalah salah satu contoh pengusaha yang berhasil merintis bisnisnya sendiri setelah mengalami PHK. 

Dalam dua tahun menjalankan bisnisnya, Hotifah telah memiliki banyak reseller, omsetnya mencapai sepuluh juta per bulan, dan produknya bahkan sudah masuk ke vending machine BUMN di Stasiun Gambir dan Bandara Soekarno-Hatta. Bagi mereka yang tertarik memulai bisnis kuliner kemasan, Hotifah berbagi beberapa tips berdasarkan pengalamannya.

  • Istirahat Ketika Merasa Jenuh

Hotifah menyarankan untuk beristirahat sejenak saat merasa jenuh dalam menjalankan bisnis. Menurutnya, menghentikan sementara kegiatan produksi dan pemasaran memberikan kesempatan pada tubuh dan pikiran untuk istirahat, sehingga energi dan semangat untuk melanjutkan bisnis akan kembali terisi.

  • Pilih Kemasan yang Menarik

Kemasan yang menarik perhatian sangat penting terutama dalam penjualan online. Hotifah menekankan pentingnya kemasan yang mencolok untuk menarik minat pembeli, sehingga disarankan untuk menggunakan jasa desain profesional agar kemasan produk sesuai dengan keinginan dan menarik perhatian.

  • Aktif di Media Sosial

Media sosial memiliki peran kunci dalam promosi bisnis. Hotifah selalu aktif mengunggah konten di akun Instagram Maipeh Food, dan akunnya dikelola oleh seorang spesialis media sosial. Dia menyarankan untuk tetap aktif dan konsisten di media sosial, karena hal ini akan meningkatkan minat pembeli dan keterlibatan bisnis di platform tersebut.

  • Manfaatkan Bantuan Pemerintah

Pemerintah memberikan dukungan besar kepada pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Hotifah menekankan pentingnya untuk mencari informasi dan memanfaatkan bantuan yang disediakan pemerintah bagi pelaku usaha. Dia merasa sangat terbantu dengan pelatihan bisnis dan dukungan dari Pegadaian dan BRI, yang bahkan membantunya mendapatkan akses untuk produknya di vending machine di berbagai tempat berkat bantuan pemerintah.

Dengan memperhatikan tips-tips ini, diharapkan para pemula dan pelaku usaha yang sedang berjuang dapat mengambil inspirasi dan langkah-langkah praktis untuk mengembangkan bisnis mereka.

FF/NKS

Komentar (0)

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.1438 seconds