Pendiri Start-up Perlu Mengambil 4 Langkah Kunci Untuk Sukses

Selasa, 30 April 2024 | 08:00 WIB

Ilustrasi perusahaan pembiayaan. (Kompas.com)

LINK UMKM -  Pendiri startup sering kali memasuki dunia bisnis dengan semangat, visi, dan misi yang besar. Namun, seringkali mereka mengabaikan perlunya melindungi bisnis mereka dari risiko, hambatan, dan ancaman yang mungkin muncul. Kenyataannya, mengesampingkan upaya perlindungan ini dari awal dapat membahayakan pertumbuhan perusahaan di masa depan. 

Masalah yang timbul kemudian mungkin telah bersumber dari keputusan awal yang diabaikan atau tidak diambil, dan akan terus berlanjut dalam jangka waktu tertentu. Ketika masalah itu muncul, konsekuensinya dapat membatasi kesuksesan perusahaan. Namun, ada beberapa langkah penting dan mudah yang dapat dilakukan oleh pendiri startup untuk mengurangi potensi masalah yang berakibat fatal dan membawa bisnis mereka menuju kesuksesan jangka panjang.

Dilansir dari Kompas.com - berikut adalah beberapa tindakan yang harus diambil oleh pendiri startup untuk memastikan kelangsungan dan keberhasilan jangka panjang bisnis mereka:

- Identifikasi Keunggulan Kompetitif Inti Perusahaan

Keunggulan kompetitif inti adalah sesuatu yang unik yang dapat dilakukan oleh perusahaan dan sulit ditiru oleh pesaing. Pastikan untuk mematenkan produk atau inovasi Sobat LinkUMKM sehingga sulit bagi pesaing untuk menyalipnya di pasaran.

- Sorot Keunggulan Kompetitif yang Memenuhi Permintaan Pelanggan

Pastikan keunggulan kompetitif perusahaan memenuhi permintaan pasar dan memberikan manfaat bagi pelanggan dalam hal harga, kenyamanan, atau kualitas.

- Rencanakan Strategi Mengatasi Pemimpin Pasar

Jalankan rencana untuk mengatasi pemimpin pasar yang telah mapan dengan membangun reputasi, melakukan kampanye uji rasa, atau bermitra dengan perusahaan yang telah dikenal untuk memperkenalkan produk.

- Tentukan Manfaat Sosial yang Berkaitan dengan Kesuksesan

Sampaikan bahwa perusahaan Sobat LinkUMKM tidak hanya bertujuan untuk mendapatkan keuntungan, tetapi juga untuk memperbaiki masalah sosial global. Fokuslah pada manfaat sosial produk, seperti mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan atau memberikan donasi kepada yang membutuhkan.

Dengan mengambil langkah-langkah ini, para pendiri startup dapat meningkatkan peluang kesuksesan jangka panjang bagi bisnis mereka.

FF/NKS

Komentar (0)

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.1684 seconds