Rahasia Sukses ala Mark Cuban: Perpaduan Passion dan Strategi Tepat

Jumat, 22 Maret 2024 | 08:00 WIB

Ilustrasi Mark Cuban (Kompas.com)

LINK UMKM - Mark Cuban, pengusaha Amerika dengan jumlah kekayaan miliaran dolar, memulai perjalanannya dari bawah. Ia merintis bisnis kecilnya dengan menjual kantong plastik sampah. Berkat kecerdasan dan kegigihannya, Cuban mampu mengembangkan bisnisnya hingga sukses dan merambah ke dunia investasi. Dikutip dari Kompas.com, berikut beberapa kata-kata bijak Mark Cuban yang ditujukan bagi para pelaku usaha, termasuk Sobat LinkUMKM:

1. Passion Membantu Mendapatkan Keterampilan yang Tepat untuk Menghasilkan Uang

Dalam dunia bisnis, menghasilkan uang adalah tujuan utama. Tapi untuk mencapainya, Sobat LinkUMKM butuh keahlian yang unggul, yang melampaui orang lain. Passion atau kecintaan terhadap suatu hal berperan penting dalam meraih keahlian tersebut. Contohnya, Steve Jobs dan Bill Gates yang mempelajari teknologi komputer. Kecintaan mereka terhadap teknologi mengantarkan mereka membangun perusahaan raksasa seperti Microsoft dan Apple. Dengan passion, keahlian pun turut berkembang.

2. Passion Membantu Masuk Tren

Banyak pengusaha berusaha mengikuti tren sebelum industrinya berkembang pesat, meskipun risikonya selalu ada. Passion membantu memasuki dan mempertaruhkan waktu saat tren sedang berlangsung, meskipun potensinya masih belum jelas. Beberapa pengusaha mungkin memilih untuk menunggu dan melihat perkembangan tren, namun hal ini berisiko tertinggal dari para pesaing.

3. Passion Membantu untuk Bertahan dan Menjadi Lebih Baik

Membutuhkan waktu yang tidak singkat bagi sebagian besar usaha untuk sukses. Dilansir dari Forbes, dibutuhkan sekitar 3 tahun hingga 11 tahun untuk mulai berhasil. Tidak ada yang instan. Sebelum mencapai kesuksesan, banyak pengusaha yang mengalami kesulitan. Di sinilah peran passion. Passion membantumu bertahan dan bahkan menjadi lebih baik.

4. Passion akan Membuat Suka untuk Bekerja dengan Waktu yang Lama

Banyak orang menginginkan keseimbangan antara kehidupan dan pekerjaan. Mark Cuban membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mencapai kesuksesannya. Tidak semua orang bisa membangun dan menjual perusahaan dalam beberapa bulan atau tahun dengan nilai miliaran dolar, seperti yang dilakukan oleh Cuban. Kita semua membutuhkan semangat untuk tetap berpegang pada usaha dan berjuang melalui masa-masa sulit. Dengan passion, bekerja dalam waktu lama pun akan terasa menyenangkan.

Kesuksesan tidak hanya diraih dengan passion semata. Kombinasi passion, keahlian, dan memasuki tren yang tepat adalah kunci utama bagi banyak miliarder seperti Mark Cuban. Dengan menggabungkan ketiga faktor ini, Sobat LinkUMKM dapat membuka peluang untuk mencapai kesuksesan yang diimpikan.

***

FF/NAH

Komentar (0)

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.1217 seconds