Raih Cuan di Kos: Ide Bisnis Menguntungkan untuk Anak Kos

Kamis, 21 Maret 2024 | 08:00 WIB

Ilustrasi Bisnis untuk Anak Kos (Kompas.com)

LINK UMKM - Kehidupan anak kos memang penuh dinamika. Di satu sisi, mereka fokus mengejar pencapaian akademis dan karir. Di sisi lain, mereka juga harus pintar mengatur keuangan. Bagi anak kos yang kreatif dan berjiwa wirausaha, situasi ini bisa menjadi peluang untuk membuka bisnis yang menjanjikan. Berikut beberapa contoh ide bisnis dapat digarap di lingkungan kos yang telah dirangkum dari Kompas.com:

1. Jasa Antar Jemput

Jasa antar jemput menjadi solusi yang ekonomis bagi anak kos yang tidak memiliki kendaraan. Harga yang lebih murah dibandingkan ojek online menjadi daya tarik utama. Sobat LinkUMKM dapat memanfaatkan waktu luang untuk mengantarkan anak kos.

2. Jasa Titip (Jastip)

Jastip menawarkan kemudahan pembelian barang, seperti makanan, alat rumah tangga, dan lainnya, tanpa perlu keluar kos. Pastikan harga jastip Sobat LinkUMKM lebih murah daripada jasa kirim resmi, namun tetap menguntungkan.

3. Bisnis Katering

Kebingungan memilih menu makanan atau kemalasan untuk keluar membeli makanan menjadi peluang bisnis katering yang menjanjikan. Target pasar Sobat LinkUMKM adalah anak kos yang tidak bisa atau malas memasak, tidak memiliki dapur, atau ingin kepraktisan. Sajikan menu yang berbeda setiap hari untuk menghindari kebosanan.

4. Bisnis Meal Prep

Bagi anak kos yang suka memasak, meal prep menjadi solusi praktis. Meal prep adalah bahan masakan yang telah disiapkan dan dirapihkan sehingga memudahkan untuk memasak. Target pasar Sobat LinkUMKM adalah anak kos yang malas pergi ke pasar.

5. PO Makanan dan Minuman

Manfaatkan tren kuliner kekinian dengan membuka PO makanan atau minuman yang sedang viral. Sistem PO membantu Sobat LinkUMKM mengetahui jumlah pemesanan dan meminimalisir risiko rugi, serta promosikan melalui media sosial untuk menarik minat pembeli.

5. Jasa Bersih-bersih

Banyak anak kos yang tidak punya waktu atau malas membersihkan kamar. Tawarkan jasa bersih-bersih dengan modal peralatan yang minimal. Gunakan peralatan pribadi atau membeli dengan biaya yang terjangkau.

7. Jasa Les

Bagi Sobat LinkUMKM yang berprestasi di bidang akademis, bagikan ilmu yang dimiliki dengan menjadi guru les privat. Sobat LinkUMKM dapat mengajar di bimbel dekat kos atau secara online.

Nah, Sobat LinkUMKM, itulah beberapa ide bisnis yang bisa Sobat LinkUMKM coba di lingkungan kos. Bisnis-bisnis ini dapat menambah penghasilan. Tertarik mencoba?

***

FF/NAH

Komentar (0)

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.1381 seconds