Membanggakan! Produk UMKM Tanaman Serabut Kelapa Ekspor ke Jepang

Minggu, 28 Januari 2024 | 09:00 WIB

Ilustrasi - Tanaman Serabut Kelapa - Kompas.com

LINK UMKM -  Keberhasilan produk dari Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam sektor tanaman serabut kelapa yang berhasil menembus pasar ekspor ke Jepang merupakan suatu pencapaian yang membanggakan. Hal ini tidak hanya mencerminkan kualitas unggul produk tanaman serabut kelapa dari UMKM lokal, tetapi juga menunjukkan potensi besar yang dimiliki oleh pelaku usaha kecil dalam menghadapi pasar global. Keberhasilan ini memberikan keyakinan bahwa dengan dedikasi, inovasi, dan dukungan yang tepat, semua produk UMKM memiliki potensi untuk meraih kesuksesan di pasar internasional, sebagaimana yang telah dicontohkan oleh ekspor produk tanaman serabut kelapa ke Jepang.

Warga Kota Batu patut berbangga, produk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) berupa pot tanaman jenis Kokedama diekspor ke Jepang. Produk pot tersebut bernama Creative Kokedama, yang dijalankan seorang pelaku UMKM perempuan bernama Dwi Lili Indayani. Lili mengatakan, pada tahun 2023, produknya telah berhasil dikirim ke Jepang dengan jumlah sebesar 1 kontainer berisi 202 box atau 10.450 buah. Nilai ekspornya mencapai US $ 26.109 atau sekitar Rp402.460.000.

Dilansir dari Kompas.com - Creative Kokedama saat ini bekerja sama dengan perusahaan Bond Syoji.co.ltd untuk membantu memasarkan produknya ke Jepang. Sebagai informasi, produk pot tanamannya itu terbuat dari bahan dasar serabut kelapa atau cocofiber dan akar pakis.

&039;Harapannya, semakin meningkat produk yang diekspor dengan target 2 kontainer setahun,&039; kata Lili pada Rabu (24-1-2024).

Menanggapi hal itu, Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai mengatakan, bahwa Pemkot Batu berkomitmen untuk terus membantu mengembangkan produk pertanian dan UMKM Kota Batu menembus pasar global. Menurutnya, semakin tinggi produk UMKM Kota Batu dipasarkan ke luar negeri, maka dampak positif yang dirasakan yakni lapangan pekerjaan terbuka secara masif dan akan mengurangi tingkat pengangguran.

&039;Ini membuktikan bahwa produk UMKM kita, telah mampu tembus di pasar global. Terutama memenuhi kebutuhan pasar luar negeri, sebelumnya ada keripik tempe juga sudah dipasarkan ke luar negeri, kemudian juga keripik buah dan sayur dikirim ke Singapura&039; papar Aries.

Semoga kesuksesan Creative Kokedama dapat memotivasi Sobat LinkUMKM untuk terus mengembangkan produk-produk berkualitas, serta meraih pangsa pasar yang lebih luas di tingkat global. Semangat menuju UMKM Naik Kelas!

***

KOK - RAT

Komentar (0)

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.188 seconds