Jangan Biarkan Monday Blues Merusak Harimu

Senin, 29 Januari 2024 | 08:00 WIB

Ilustrasi Monday Blues (Kompas.com)

LINK UMKM - Banyak orang merasa kesulitan untuk memulai aktivitas di hari Senin setelah libur akhir pekan. Perasaan seperti merasa sedih, cemas, takut, atau tidak bersemangat, mirip dengan rasa malas, namun sebenarnya merupakan gejala monday blues. Monday blues adalah istilah untuk menyebut perasaan negatif yang muncul di hari Senin. Kondisi ini bukan penyakit medis atau gangguan mental, namun banyak yang mengalaminya. Jika dibiarkan, monday blues dapat menyebabkan stres dan ketidakpuasan dalam bekerja. Apakah Sobat LinkUMKM pernah merasakan gejala monday blues?

Penyebab Monday Blues

Dikutip dari Kompas.com, monday blues dapat disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya:

  • Ketidakpuasan atau burnout dalam pekerjaan. Orang yang tidak puas dengan pekerjaannya, atau merasa kelelahan secara emosional dan fisik, lebih mungkin mengalami stres dan tidak suka menyambut hari Senin. Dalam kondisi ini, mereka cenderung memikirkan hal-hal yang negatif, berasumsi buruk, dan memiliki pandangan negatif terhadap segala hal.
  • Perbedaan pola aktivitas antara akhir pekan dan hari kerja. Orang yang bekerja lima hari dan istirahat dua hari dalam satu minggu, biasanya lebih bahagia di akhir pekan karena bebas melakukan aktivitas yang diinginkan. Sebaliknya, jadwal pekerjaan di hari Senin mungkin membuat mereka merasa sedih dan tidak bersemangat.

Gejala Monday Blues

Gejala utama monday blues adalah perasaan negatif yang muncul di pagi hari di hari Senin. Orang yang mengalaminya akan merasa malas bekerja atau pergi ke sekolah. Beberapa gejala lainnya adalah otot tegang, sakit kepala, lesu, perasaan sedih, dan lain-lain. Monday blues bukan penyakit medis, sehingga tidak ada pengobatan khusus untuk mengatasinya. Namun, beberapa orang mungkin merasa terbantu dengan psikoterapi.

Cara Mengatasi Monday Blues

Berikut beberapa cara yang bisa diterapkan jika Sobat LinkUMKM merasakan monday blues.

  1. Siapkan diri di akhir pekan agar tidak merasa kewalahan di hari Senin.
  2. Kenali hal yang disukai dan tidak disukai agar dapat menghindari hal-hal yang tidak disukai dan lebih bersemangat untuk melakukan hal-hal yang disukai.
  3. Istirahat dan olahraga yang cukup agar tubuh dan pikiran sehat.
  4. Mulailah hari dengan positif agar semangat menjalani hari.
  5. Mulailah hari dengan hal yang mudah agar tubuh dan pikiran tidak terlalu terbebani.


Itu tadi beberapa tips untuk mengatasi monday blues agar Sobat LinkUMKM tetap produktif, terlebih dalam mengembangkan bisnis!

***

KOK/NAH

Komentar (0)

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.1227 seconds