Kegiatan Bertani di Kota Medan Didukung Penuh BRI Peduli

Kamis, 18 Januari 2024 | 08:00 WIB

Ilustrasi Kegiatan Bertani di Kota Medan Didukung Penuh BRI Peduli (Kumparan.com)

LINK UMKM - Di tengah keramaian perkotaan di Indonesia, terdapat sebuah ketenangan yang dapat meringankan pikiran dengan segudang kegiatan di dalamnya. Hal inilah yang dirasakan Sobat LinkUMKM ketika berkunjung ke Pulau Sumatera, tepatnya di Kelurahan Sudirejo I, Kota Medan.

Dilansir dari Kumparan.com, Anggota Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kelurahan Sudirejo I, menciptakan sebuah inovasi dengan membuat aneka tanaman hijau hasil dari budidaya yang dirawat secara mandiri di setiap pemukiman masing-masing warga. Warga pun rutin melakukan aktivitas merawat tanaman yang dibudidaya, mulai dari memilih bibitnya, menyiram tanaman, sampai memastikan tanaman terhindar dari hama, sehingga hasil dari tanamannya dapat dipetik dan siap untuk dipanen atau diperjualbelikan menjadi suatu bisnis.

Anggota PKK juga mengungkapkan bahwa terdapat tanaman hasil kerja sama antara PKK Kelurahan Sudirejo I dengan BRI. Hal inilah yang memberikan pengaruh positif berupa suburnya wilayah Sudirejo, di tengah perkotaan yang padat akan aktivitas.

Dari segi lingkungan, ekosistem urban farming yang direalisasikan oleh Anggota PKK Kelurahan Sudirejo I, berhasil melakukan konservasi sumber daya tanah. Ekosistem urban farming yang direalisasikan oleh Kelurahan Sudirejo I merupakan lingkungan budidaya yang diberikan oleh BRI melalui program BRInita yang berkolaborasi dengan Ikatan Wanita Bank Rakyat Indonesia (IWABRI).

Program BRInita merupakan program CSR BRI yang bertujuan mengembangkan wilayah padat penduduk seperti Kelurahan Sudirejo I, agar dapat berkembang menjadi lebih baik dari segi lingkungan. Program BRInita juga memberikan edukasi seperti contohnya pelatihan merawat tanaman hingga hasil panen urban farming yang dijadikan sebagai peluang bisnis seperti bisnis catering, maupun memperjualbelikan bahan baku hasil panen, yang dapat menguntungkan para warga.

Ketua PKK, Izan Kasrin, mengungkapkan rasa terima kasih kepada BRI melalui Program BRInita yang telah memberikan fasilitas berupa urban farming di wilayahnya.

“Bantuan tersebut dapat mewujudkan aktivitas pertanian dan saya berharap agar program ini bisa berkelanjutan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya di pemukiman Kelurahan Sudirejo I,” tutupnya.

***

KOK/SKA

Komentar (0)

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.1259 seconds