Beragam Jenis Menanam Hidroponik

Selasa, 28 November 2023 | 08:00 WIB

Ilustrasi Hidroponik (Tempo.co)

LINK UMKM -  Memiliki lahan menanam yang terbatas bukan lagi menjadi penghalang Sobat LinkUMKM yang memiliki keinginan berkebun. Menggunakan metode penanaman ini bisa memenuhi keinginan Anda yaitu dengan sistem hidroponik. Menanam dengan sistem hidroponik bisa dipilih dalam meminimalisir penggunaan lahan untuk menanam. Perawatan yang mudah dan tidak memerlukan perawatan khusus jadi pendukung lain yang membuat sistem ini menjadi pilihan tepat. Terdapat 5 jenis sistem hidroponik yang dapat dijadikan pilihan Sobat LinkUMKM dilansir dari Kumparan.com berikut ini:

- Hidroponik kultur agregat

Pada sistem hidroponik jenis ini, menggunakan media tanam berupa pasir, kerikil, sekam padi, arang serta bahan-bahan yang steril. Caranya dengan menempatkan media tanam yang steril tadi kedalam wadah, kemudian dilanjutkan dengan menanam benih atau bibit sayuran. Untuk memaksimalkan pertumbuhan tanaman Sobat LinkUMKM dapat memberikan larutan nutrisi.

- Hidroponik kultur air

Sistem hidroponik ini menggunakan larutan hara mikro serta makro sebagai media tanam. Larutan yang akan dipakai pada media tanaman hidroponik ini ditaruh pada bagian dasar medium tanam. Penggunaan hal tersebut memiliki tujuan untuk akar tanaman menyerap dan menyentuh larutan yang kaya akan nutrisi untuk mendorong pertumbuhan maksimal.

- Hidroponik nutrient film

Untuk sistem menanam tanaman menggunakan hidroponik nutrient film bisa digunakan pada selokan yang sempit dan panjang. Medium yang dipergunakan adalah lempengan logam tipis dan anti karat. Air selokan nantinya diberikan larutan nutrisi untuk diserap oleh akar tanaman. Berjalannya waktu akan muncul lapisan tipis yang berada disekitar akar tanaman. Lapisan tipis ini akan berfungsi untuk makanan yang dapat diserap oleh tanaman hidroponik.

- Hidroponik pasang surut

Sesuai dengan namanya hidroponik pasang surut. Pada jenis ini menggunakan teknik membanjiri tanaman dengan nutrisi untuk beberapa waktu dalam satu siklus. Untuk sebagian menanam hidroponik menyukai jenis hidroponik ini. Alasan para penanam menyukainya sebab tidak perlu untuk memberi nutrisi pada tanaman terus menerus.

- Aeroponik

Aeroponik adalah salah satu jenis hidroponik yang menggunakan teknologi tinggi dan efektif dalam membesarkan tanaman. Ketika menggunakan sistem ini bagian tanaman yaitu akar akan terus mengalami suspensi udara.

Penggunaan tempat penyimpanan pompa udara untuk membantu menyemprotkan oksigen ke akar tanaman bisa mendukung akar tanaman memperoleh nutrisi dan oksigen. Karena hal tersebut tanaman bisa cepat besar dan sehat.

***

LMP/PTH

Komentar (0)

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.1843 seconds