Berbisnis Ala Gadis Kretek

Senin, 27 November 2023 | 08:00 WIB

Ilustrasi Gadis Kretek (Kompas.com)

LINK UMKM -  Di Indonesia baru-baru ini tengah hype sebuah serial yang sangat menarik. Diangkat dari novel berjudul sama, serial ini berhasil membuat masyarakat Indonesia tidak berpaling untuk melihat serial tersebut. Gadis Kretek adalah nama dari serial tersebut, Dengan alur cerita yang menarik dan akting dari aktor dan aktris yang begitu luar biasa jadi penyebab serial ini menjadi viral. Namun, bukan cuma itu Sobat LinkUMKM, tapi ada beberapa hal menarik yang dapat dijadikan pelajaran dari serial “Gadis Kretek”. Salah satunya yaitu pelajaran bisnis.

Tidak sembarangan saja dalam menjalankan sebuah bisnis, diperlukan berbagai cara yang dapat dipakai dalam mengembangkan dan menjalankan bisnis. Beberapa hal ini dapat membantu Sobat LinkUMKM, antara lain:

Pertama, melakukan pengelolaan supply chain yang tepat. Ketika memakan makanan di restoran, warung atau tempat makan lainnya pasti memiliki cita rasa yang berbeda, mulai dari yang biasa saja sampai yang luar biasa. Hal ini lah menjadi pertanyaan kenapa makanan yang disajikan dapat memiliki rasa yang berbeda, apakah mungkin dari bahan baku produksinya?

Hal tersebut dikenal dengan nama supply chain. Istilah tersebut tertuju pada rantai pasokan antara supplier dan produsen. Hal ini bisa membantu produsen untuk memproduksi dan mendistribusikannya kepada konsumen. 

Dalam serial Gadis Kretek pun dijelaskan tentang bagaimana tembakau yang berkualitas akan mempengaruhi cita rasa dari kretek yang dijual. Maka dari itu, Sobat LinkUMKM perlu memperhatikan dalam memilih supplier agar kualitas bahan baku yang diperoleh baik dan dapat memberikan pengalaman yang tak terlupakan untuk konsumen yang membelinya.

Kedua, ketahui cara berdagang. Untuk dapat bertahan dari kerasnya persaingan bisnis, Sobat LinkUMKM perlu mengetahui cara berdagang yang benar. Menggunakan metode ATM (Amati, Tiru dan Modifikasi) jadi pilihan yang tepat. Pada serial tersebut juga terjadi persaingan yang ketat antara kretek gadis dan kretek proklamasi.

Sehingga penting untuk mengetahui cara berdagang. Jangan tiru sama persis produk dari pesaing tapi lakukanlah ATM. Agar produk yang dibuat memiliki ciri khas tersendiri dan memiliki nilai jual yang lebih tinggi dari sebelumnya. Terdapat peraturan yang mengatur tentang konsep rahasia dagang  hingga kepemilikan rahasia dagang.

Terakhir, inovasi dan pemasaran. Jangan lupakan hal ini karena dapat membantu bisnis menjadi lebih berkembang dan tumbuh lebih besar. Pada serial Gadis Kretek, terdapat sebuah pandangan yang kurang menyenangkan tentang wanita yang menjadi peracik saus kretek. 

Namun pada serial ini sudah membuktikan bahwa pandangan tersebut salah. Hal ini menjadi peluang yang bisa dimanfaatkan dengan meluncurkan program pemasaran kretek, sehingga kretek gadis justru menjadi ramai pembeli. Sehingga jangan melihat masalah sebagai penghalang tapi coba sudut pandang lain yang bisa saja menjadi peluang dan inovasi yang tidak terpikirkan sebelumnya.

***

LMP/PTH

Komentar (0)

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.1362 seconds