Hemat Waktu Dengan Food Preparation

Minggu, 26 November 2023 | 08:00 WIB

Ilustrasi Memasak (Tempo.co)

LINK UMKM -  Terkadang Sobat LinkUMKM pasti tidak memiliki banyak waktu untuk mempersiapkan makanan yang akan dibuat, atau bisa saja kebingungan untuk memasak apa besok hari. Terdapat istilah food preparation atau mempersiapkan makanan adalah cara untuk mempersiapkan makanan untuk menghemat waktu memasak. Menerapkan food preparation dapat mempersingkat waktu memasak sehari-hari atau makan karena tidak menyiapkan semua dari awal. Bukan cuma mempersingkat waktu, tapi juga membantu untuk mengatur komposisi yang sehat antara nutrisi, protein, karbohidrat dan lainnya dalam makanan. Berikut ini adalah manfaat dari food preparation yang dilansir dari Tempo.co:

1. Menghemat uang

Menggunakan metode food preparation akan menghemat pengeluaran Sobat LinkUMKM. Sebab, sudah merencanakan sebelumnya untuk membeli apa-apa saja yang ingin dibeli untuk bahan makanan. Anda telah menulis daftar yang akan dibeli untuk satu minggu kedepan. Ketika telah membuat daftar, maka Anda akan fokus untuk membeli bahan-bahan yang tertulis saja. Dengan demikian, akan membeli bahan yang benar-benar diperlukan dan akan dikonsumsi tanpa membeli bahan lain yang ada di luar daftar belanja.

2. Menghemat waktu

Ketika sudah melakukan persiapan waktu yang dibutuhkan dalam memasak menjadi lebih singkat. Hal ini cocok sekali untuk Sobat LinkUMKM yang memiliki kesibukan yang padat.

Daripada membeli makanan sehat yang belum tentu baik untuk kesehatan, disarankan untuk  food preparation agar lebih sehat.

3. Mengurangi limbah makanan

Karena membeli bahan makanan sesuai dengan kebutuhan Sobat LinkUMKM, maka akan mengurangi limbah makanan. Karena telah menyesuaikan pembelian maka tidak ada bahan makanan yang menjadi busuk dan berujung dibuang, contohnya buah dan sayur apabila tidak dikonsumsi atau didiamkan saja dalam waktu yang lama.

4. Mengelola porsi lebih baik

Dengan  food preparation Sobat LinkUMKM dapat mengatur lebih baik dalam porsi makan sendiri. Anda juga tidak menjadi boros karena tidak berlebihan dalam menyiapkan makanan. Pastikan kandungan yang kandungan yang ada pada makanan lengkap dan baik untuk tubuh.

5. Mengurangi stres

Melakukan  food preparation juga bisa mengurangi stre yang dialami. Menyiapkan makanan sejak lama dapat membuat Sobat LinkUMKM terhindar dari kewalahan dan kebingungan karena tidak tahu akan memasak apa. Anda juga dapat melabeli bahan makanan sesuai dengan hari untuk menghindari Anda dari kebingungan.

6. Makanan jadi lebih awet

Jangan asal saja ketika memasukan makanan ke kulkas. Tidak semua bahan makanan yang dimasukkan ke kulkas akan bertahan lama apalagi buah dan sayur. Agar lebih awet dan tahan lama, kenali bahan baku jadi kuncinya. Ada sayuran yang harus dikeringkan dahulu baru dimasukkan di wadah ada juga sayuran yang harus dikupas dan dibuang bagian busuknya kemudian simpan pada wadah kedap udara.

7. Isi Kulkas lebih teratur

Mengatur isi dari kulkas bisa mempermudah Sobat LinkUMKM mengambil bahan makanan. Dengan  food preparation makanan akan dengan mudah disimpan dan dapat memaksimalkan ruang yang ada dalam kulkas.

***

LMP/PTH

Komentar (0)

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.1538 seconds