Tips Santap Kale Nikmat

Sabtu, 25 November 2023 | 08:00 WIB

Ilustrasi Kale (Kompas.com)

LINK UMKM -  Salah satu jenis tanaman sayur yang memiliki daun keriting yaitu kale. Kale masih berasal dari keluarga kubis, bersama dengan brokoli, kembang kol dan sawi. Dikenal juga sebagai borecole, memiliki khasiat serta kandungan gizi yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Sayur kale memiliki keunikan, yaitu daunnya yang cukup besar, bergelombang dan berwarna hijau gelap. Sayur kale banyak ditanam di daerah yang mempunyai iklim subtropik dan sedang, namun bisa juga ditanam di daerah beriklim tropis seperti Indonesia. Dikenal sebagai superfood karena kandungan gizi dan vitamin C yang tinggi, tidak mengherankan banyak sekali manfaat dari sayuran satu ini. Tidak hanya memiliki banyak manfaat, sayur kale nikmat sekali apabila diolah menjadi berbagai jenis masakan, seperti dilansir oleh Kompas.com lima tips mengolah kale yang enak:

- Saute

Sobat LinkUMKM dapat mengolah sayur kale menggunakan cara saute. Pengolahan ini sangat sederhana, mudah dan cepat untuk dilakukan. Saute sendiri adalah cara memasak dengan sedikit minyak atau lemak pada wajan panas yang pas untuk waktu yang singkat. Menggunakan cara ini dapat membuat kale lebih enak tanpa meninggalkan rasa mentah di mulut ketika memakannya.

Untuk menambahkan cita rasa dan menyeimbangkan rasa pahit, dapat diberi perasan lemon pada tumisan kale.

- Rebus

Rebus juga bisa dijadikan pilihan untuk mengolah sayur kale. Cukup dengan merebus kale hingga matang. Bisa juga Sobat LinkUMKM menambahkan kaldu atau garam pada air rebusan agar daun kale menjadi lebih empuk dan rasa pahit yang ada dapat berkurang. Jangan terlalu lama merebus sayuran kale, jika dirasa sudah matang segera angkat dan tiriskan.

- Tumis

Sayuran kale cocok juga diolah menjadi tumisan dengan tambahan bahan lain untuk menambah rasa. Pada cara pengolahan ini menggunakan panas yang tinggi untuk memasak. Sehingga akan mempercepat proses memasak dan cocok untuk Anda yang tidak memiliki banyak waktu untuk memasak.

- Kukus

Pada metode pengolahan ini, menggunakan uap panas yang dikeluarkan ketika merebus air. Cara sederhana ini cukup mengukus sayuran kale sekitar 10 menit hingga matang.

- Panggang menjadi keripik

Panggang menjadi keripik, mungkin jadi cara mengolah yang paling disukai. Meskipun waktu pengolahan yang sedikit memakan waktu tapi olahan ini cocok untuk dijadikan teman menonton film dan sebagainya. Caranya potong kale sesuai ukuran, setelah itu panggang hingga kering seperti keripik. Pengolahan ini membuat sayur kale memiliki tekstur yang renyah dan garing. Perlu diingat untuk memotong dan buang tulang rusuk sayur kale, baru panggang ke dalam oven. Perhatikan juga agar sayur kale tidak gosong.

***

LMP/PTH

Komentar (0)

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.1456 seconds