Eits… Kantung Teh Celup Jangan Langsung Dibuang

Jumat, 24 November 2023 | 08:00 WIB

Ilustrasi Kantung Teh Celup Bekas (Kumparan.com)

LINK UMKM -  Menikmati sore hari dengan meminum secangkir teh memang sudah tidak diragukan lagi. Kenikmatan memandang langit sore ditemani teh hangat dan cemilan, siapa yang bisa menolak. Setelah meminum teh biasanya bekas teh celup langsung dibuang ke tempat sampah. Tapi ada cara lain yang lebih bermanfaat dengan menggunakan bekas kantung teh celup lho. Kantung teh celup ternyata memiliki manfaat yang tidak semua orang tahu akan hal tersebut. Melasir dari Kumparan.com berikut ini manfaat kantung teh bekas:

1. Mengompres mata

Jangan langsung membuang kantung bekas teh celup sebab bisa dijadikan sebagai alat mengompres mata yang membengkak akibat iritasi ringan. Penggunaannya cukup mudah dengan merendam dua kantung teh dalam air hangat. Kemudian dinginkan di lemari es dan tunggu hingga dingin kurang lebih beberapa menit.

Jika sudah dingin, ambil kantung teh. Pejamkan kedua mata dan taruh kantung teh di masing-masing mata. Kompres sekitar 5 menit, dan bilas mata dengan air ketika telah selesai mengkompres.

2. Menyuburkan tanaman

Kantung teh celup berisikan daun teh yang bisa dipergunakan sebagai pupuk organik bagi beberapa tanaman. Nutrisi baik yang ada pada teh dapat membantu merangsang pertumbuhan tanaman.

Tidak usah repot memikirkan cara penggunaannya, cukup tanamkan kantung teh celup di pot atau media tanam lainnya. Dapat juga membuka kantung teh dahulu kemudian taburkan serbuk teh dengan merata pada bagian atas tanah yang ditumbuhi tanaman.

3. Mengempukkan daging

Manfaat lain dari kantung teh bisa digunakan untuk mengempukkan daging. Tinggal rendam beberapa kantung teh bekas bersama bumbu marinasi. Cara ini dilakukan untuk membantu membuat daging jadi empuk dan mengurangi waktu yang dikerahkan untuk memasak daging.

Rendam beberapa kantung teh bekas ketika menyiapkan bumbu marinasi daging untuk meningkatkan rasa lezat. Cara ini juga bisa membuat daging lebih empuk.

4. Bersihkan minyak yang membandel

Bekas kantung teh juga ternyata dapat membantu Sobat LinkUMKM membersihkan minyak membandel yang susah hilang. Gosok-gosok bagian piring atau peralatan masak yang terdapat minyak membandel dengan kantung teh bekas tadi, dan minyak membandel pun akan hilang.

5. Usir serangga dan semut

Bukan hanya itu, aroma yang dikeluarkan dari kantung teh bekas tidak disukai oleh serangga maupun semut. Sehingga Sobat LinkUMKM dapat menaruh kantung teh bekas pada beberapa titik yang menjadi tempat berkumpulnya serangga atau semut untuk membuat mereka pergi. 

6. Membuat rambut berkilau

Belum banyak yang tau jika kantung teh bekas bisa membuat kusam pada rambut hilang dan jadi tampak berkilau. Antioksidan yang ada pada teh dapat mendukung pertumbuhan rambut Sobat LinkUMKM.

***

LMP/PTH

Komentar (0)

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.143 seconds