Loyalitas Pelanggan Naik Karena Ini

Kamis, 23 November 2023 | 08:00 WIB

Ilustrasi Berinteraksi dengan Pelanggan (Kumparan.com)

LINK UMKM -  Pelanggan dalam bisnis adalah hal yang paling penting, tidak ada pelanggan sebuah bisnis tidak dapat berjalan dengan baik. Sebuah bisnis dapat bertahan karena memberikan pelayanan terbaik untuk pelanggan. Sehingga Sobat LinkUMKM yang mempunyai bisnis memerlukan pendekatan pelanggan untuk dapat mempertahankan loyalitas mereka. Adanya pendekatan pelanggan yang baik akan membantu mempertahankan dan bahkan dapat meningkatkan penjualan produk dengan efektif. Untuk memahami pendekatan pelanggan berikut ini jenis-jenis dari pendekatan pelanggan yang dilansir dari Kumparan.com:

1. Sensory experience

Adalah suatu usaha yang dikerahkan untuk menciptakan pengalaman yang berkaitan dengan kelima indera yaitu penglihatan, pendengaran, penciuman, peraba dan perasa. Pengalaman ini tentunya dapat disampaikan dengan produk dan tempat berbelanja yang nyaman untuk pelanggan.

2. Emotional Experience

Pengertian Emotional Experience adalah cara dan penerapan untuk memberikan dampak yang efektif terhadap konsumen pada sebuah perusahaan melalui komunikasi, produk, lingkungan, website dan pelayanan dari orang yang memberikan penawaran produk. Pelanggan akan merasakan pengalaman tersebut ketika perusahaan memberikan pelayanan yang berkualitas.

3. Social Experience

Jenis ini bertujuan dalam menjalin seorang individu dengan orang lain, kelompok sosial maupun entitas sosial yang lebih abstrak seperti negara, masyarakat, atau budaya tertentu yang dicerminkan dalam suatu brand.

Social Experience memungkinkan pelanggan berhubungan dengan lingkungan sosial yang lebih luas untuk meningkatkan pertumbuhan brand relation dan brand communities.

4. Customer Satisfaction

Terakhir adalah Customer satisfaction atau kepuasan konsumen adalah timbulnya perasaan dari seseorang karena perbandingan kinerja produk yang dibeli sesuai dengan harapannya.

Faktor penting yang menjadi penentu tingkat kepuasan konsumen seperti kualitas produk, pelayanan, emosional, harga dan biaya.

Berikut ini tips yang dapat Sobat LinkUMKM terapkan untuk pendekatan pelanggan:

- Riset konsumen

Bisnis dapat berjalan karena adanya pelanggan. Dengan demikian Sobat LinkUMKM harus menyediakan cukup waktu untuk melakukan sebuah riset. Riset ini akan membantu dalam menawarkan barang atau jasa yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pelanggan.

- Interaksi bagus

Interaksi dengan pelanggan juga penting, berikanlah pelayanan terbaik untuk memuaskan pelanggan. Ajukanlah pertanyaan untuk mengetahui kebutuhan pelanggan. Dengan mengetahui kebutuhan pelanggan lewat interaksi tersbeut, perusahaan dapat memberikan produk yang cocok untuk memenuhi kebutuhan pelanggan tersebut.

- Gaya komunikasi

Perhatikan juga gaya berkomunikasi dengan pelanggan. Gunakan gaya komunikasi yang jelas dan tidak berbelit agar pelanggan lebih cepat mengerti maksud dan tujuan yang disampaikan. Dengan itu juga, akan membuat pelanggan menjadi nyaman dan mudah dalam penyampaian.

***

LMP/PTH

Komentar (0)

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.2311 seconds