Yuk Ikut Pameran

Sabtu, 18 November 2023 | 08:00 WIB

Ilustrasi Pameran (Kompas.com)

LINK UMKM -  Strategi pemasaran untuk produk dan jasa sudah sangat beragam. Melakukan promosi jadi jalan yang bisa dipilih untuk melakukan pemasaran Sobat LinkUMKM. Dengan promosi yang tepat target pasar akan mengenal dan mengetahui produk yang ditawarkan.

Salah satu promosi yang efektif dalam mengenalkan produk kepada calon konsumen adalah mengikuti pameran. Dengan mengikuti beragam pameran, Sobat LinkUMKM memperoleh kesempatan untuk meningkatkan visibilitas produk, hingga berinteraksi secara langusng dengan calon konsumen dapat dilakukan.

Pameran menjadi salah satu cara membuka peluang pasar yang besar, dan menjadi ajang inovasi dan menjalin hubungan yang baik dengan konsumen, mitra bisnis bahkan investor. Berikut ini 5 tips mengikuti pameran dan mempromosikan produk di pameran dilansir dari Kompas.com:

1. Rencanakan dengan matang

Tips pertama untuk mengikuti dan mempromosikan produk di pameran adalah rencanakan strategi dengan matang jauh sebelum acara diadakan. Pilihlah pameran yang sesuai dengan target pasar yang sudah ditetapkan. Tentukan juga tujuan yang jelas ketika mengikuti pameran contohnya menjalin hubungan dengan relasi bisnis, meningkatkan penjualan, memperkenalkan produk baru dan lain sebagainya.

Tidak lupa buat juga anggaran yang mendetail untuk pameran agar tidak mengeluarkan dana yang berlebihan, perencanaan anggaran mulai dari sewa stand pameran, peralatan, promosi dan lainnya.

2. Siapkan materi promosi

Buatkan stan atau tempat berjualan Sobat LinkUMKM di pameran menarik dan unik. Dengan begitu konsumen akan penasaran dan mendatangi stan. Siapkan juga materi promosi seperti brosur, kartu nama dan spanduk agar terlihat lebih informatif dan profesional.

Anda juga dapat menyiapkan sampel produk atau pun demonstrasi langsung untuk menarik banyak calon pelanggan jika hal tersebut memungkingkan.

3. Lakukan promosi pra-pameran

Sebelum pameran dimulai, Sobat LinkUMKM dapat melakukan promosi pra-pameran di media sosial ataupun website untuk memberitahu bahwa bisnis Anda ikut berpartisipasi. Mengirim undangan bisa jadi cara untuk pelanggan dapat datang dan mengunjungi stan bisnis di pameran.

4. Interaksi dengan pengunjung

Pada saat pameran berlangsung, komunikasi secara langsung wajib untuk dilakukan. Menjadi seorang yang ramah, informatif dan tulus ketika calon pembeli bertanya menjadi nilai tambah tersendiri untuk sebuah bisnis yang sedang mengikuti pameran. Selain itu elevator pitch atau penjelasan singkat dan kuat pada produk atau layanan yang diberikan dapat menjadi cara yang tepat melakukan interaksi dengan pengunjung. Terbuka dengan saran dan masukan tentang produk dari dari pelanggan dan berikan solusi untuk kebutuhan mereka dengan produk dan jasa yang Sobat LinkUMKM hadirkan.

5. Tindak lanjut

Ketika melakukan interaksi jangan lupa untuk mengumpulkan kontak pengunjung. Bukan hanya penjualan produk, kesempatan juga hadir dalam membangun hubungan dengan pihak lain yang dapat membuat bisnis Sobat LinkUMKM berkembang dimasa depan. Anda dapat mengirimkan ucapan terimakasih untuk kunjungan mereka dan mendapatkan kesempatan untuk menjadikannya pelanggan potensial di masa depan. Untuk tindak lanjut setelah pameran, dapat mengirimkan ucapan sekaligus promosi produk menarik. 

***

LMP/PTH

Komentar (0)

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.162 seconds