Buah Segar Lebih Lama

Sabtu, 18 November 2023 | 08:00 WIB

Ilustrasi Buah-Buahan (Kumparan.com)

LINK UMKM -  Menyediakan buah segar memang hal yang wajib di musim ini. Mengkonsumsi buah merupakan pola hidup yang baik sehingga harus dilakukan berkelanjutan. Kandungan pada buah segar sangat banyak seperti vitamin C, vitamin A, mineral, serat dan sebagainya. Sayangnya kesegaran buah cepat sekali menghilang. Pada setiap buah memiliki cara yang berbeda-beda dalam cara penyimpanan agar kesegarannya tetap terjaga. Melansir dari Kumparan.com tips cara menyimpan buah  yang baik dan benar agar kesegarannya tetap terjaga;

1. Buah wajib dibersihkan dan dicuci

Buah untuk sampai ke tangan Sobat LinkUMKM telah melalui perjalanan yang panjang, mulai dari proses pemetikan di pohon  hingga pengiriman. Dengan demikian, buah yang dibeli jangan langsung disimpan di kulkas. Buah tersebut harus dicuci dahulu untuk membersihkan buah dari kotoran ataupun bakteri yang menempel. Cuci buah hingga benar-benar bersih di bawah air mengalir. Apabila sudah dipastikan bersih kemudian dapat diangkat dan keringkan. Setelah kering barulah Sobat LinkUMKM simpan di dalam kulkas.

2. Jangan ditaruh di tempat lembab

jangan taruh buah pada tempat yang lembab, sebaiknya simpan buah pada tempat yang kering dan tidak lembab. Tempat penyimpanan buah yang lembab dapat membuat buah mudah membusuk dan menjadi sarang tempat berkembangnya bakteri.

3. Simpan di tempat terpisah

Pada tempat penyimpanan seperti kulkas, umumnya menyediakan beberapa kompartemen yang berbeda-beda dan fungsinya juga tentu berbeda. Gunakan kompartemen kulkas yang sesuai untuk menyimpan buah. Tujuannya agar kesegaran buah dapat bertahan lebih lama. Pisahkan juga dari makanan lainnya, jangan taruh pada kompartemen kulkas yang sama.

Khusus untuk beberapa buah seperti alpukat, pisang, dan tomat tidak terlalu membutuhkan tempat penyimpanan yang dingin, cukup disimpan pada suhu ruang juga dapat menjaganya tetap segar.

4. Buah dibungkus terpisah

Memang agak membutuhkan sedikit usaha untuk membungkus buah secara terpisah, namun cara ini bisa membuat kesegaran buah dapat bertahan lebih lama. Sobat LinkUMKM dapat menggunakan bungkus makanan seperti plastik atau bungkus lainnya yang aman untuk makanan sebagai pembungkus buah. Selain kondisi buah terjaga kesegarannya, cara ini juga dapat mengurangi timbulnya reaksi kimia yang terjadi ketika menyimpan buah bersama-sama.

5. Jangan dipotong-potong

Sobat LinkUMKM pasti pernah beranggapan bahwa memotong-motong buah dan menyimpannya dalam lemari pendingin dapat membuat kesegaran buah bertahan lama. Cara ini sah-sah saja digunakan, hal tersebut memang memudahkan ketika memakannya nanti tapi menyimpan buah yang sudah dipotong-potong bukan suatu ide yang bagus karena mudah mengurangi kesegaran buah.

Jika sudah terlanjur dipotong-potong ataupun ingin dipotong-potong, Sobat LinkUMKM dapat mencampurkan jus lemon. Kemudian, simpan pada wadah kedap udara di freezer. Hal tersebut dipercaya dapat menghindari reaksi enzimatik untuk umur simpan buah yang lebih lama.

***

LMP/PTH

Komentar (0)

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.171 seconds