Cegah Nyamuk Di Musim Hujan

Selasa, 14 November 2023 | 08:00 WIB

Ilustrasi Memasang Jaring Penangkal Nyamuk (Kompas.com)

LINK UMKM -  Pagi siang dan malam sudah mulai sering diguyur hujan. Sobat LinkUMKM perlu menjaga kesehatan agar tidak mudah terserang penyakit. Meskipun demikian, lingkungan sekitar juga harus ikut diperhatikan. Banyak tempat yang dapat menjadi sarang yang nyaman untuk dijadikan tempat berkembang biak nyamuk. Air yang menggenang di saluran air, tong dan tempat lain yang memungkinkan tergenangnya air harus segera dibuang. Tempat seperti itulah yang paling disukai oleh nyamuk. Walaupun sudah membersihkan lingkungan sekitar, bukan hal yang tidak mungkin nyamuk menyerang ke rumah Sobat LinkUMKM. Perlu pencegahan yang tepat agar nyamuk pergi menjauh dari rumah. Tips dan trik ini dapat membuat rumah bersih, segar dan bebas nyamuk secara alami dilansir dari Kompas.com:

1. Tambahkan beberapa tanaman pengusir nyamuk

Untuk mencegah nyamuk mendekati rumah, cara yang alami dan efektif untuk Sobat LinkUMKM lakukan adalah memasukkan tanaman obat pengusir nyamuk di dalam rumah. Contoh tanaman obat pengusir nyamuk yaitu basil atau daun kemangi. Tanaman ingin dihindari oleh nyamuk karena cukup beracun bagi serangga, bahkan daunnya dapat membunuh nyamuk.

Untuk lebih efektif mengusir nyamuk, Sobat LinkUMKM dapat menaruh daun kemangi di dekat pintu atau jendela agar manfaatnya dapat dikeluarkan secara maksimal.

Anda juga dapat menggunakan cara lain seperti menghancurkan daun kemangi dan  mengaplikasikannya pada seluruh tubuh sebagai pengusir alami gigitan nyamuk. Selain daun kemangi, tanaman Citronella (serai), lemongrass, lemon balm, rosemary dan juga lavender dapat digunakan untuk melindungi Sobat LinkUMKM dari gigitan nyamuk.

2. Manfaatkan kamper

Kamper atau kapur barus biasanya ditaruh di lemari, ruangan, kamar mandi untuk mengurangi kelembaban ruangan. Kegunaan lain dari kamper juga bisa dipakai untuk mengusir nyamuk di rumah. Bau menyengat yang dikeluarkan oleh kamper berguna sebagai pengusir nyamuk. Terdapat beberapa formula yang terkandung pada komposisi kapur barus dapat digunakan untuk membunuh nyamuk. Caranya Sobat LinkUMKM dapat menyimpan beberapa kapur barus di wadah dan di dalam ruangan tertutup kurang lebih 30 menit. Selain itu, dapat menggunakan bola kapur barus dan taruh dalam semangkuk air untuk mengusir nyamuk.

3. Minyak esensial

Bukan cuma menjadi pengharum ruangan, beberapa minyak esensial dijauhi oleh nyamuk. Minyak esensial seperti lavender dan tea tree oil (pohon teh) dapat dijadikan pilihan. Cara ini ampuh dalam mengusir nyamuk dan serangga ketika musim hujan datang. Apabila, di ruangan tidak memungkinkan untuk menyimpan tanaman herbal, Sobat LinkUMKM hanya perlu menyemprotkan aroma minyak esensial. Selain disemprot, dapat dioleskan juga pada tubuh untuk menghindari gigitan nyamuk.

4. Perhatikan kebersihan yang baik dan bersih semua genangan

Tips yang terakhir tentu saja membersihkan dan menjaga kebersihan lingkungan dengan cara mengosongkan tempat yang tergenang air di dalamnya ataupun sekitar rumah. Selalu cek kebersihan tanaman pot dan menjaga saluran air pada halaman, kamar mandi atau balkon untuk mencegah tergenangnya air yang dijadikan tempat bersarang nyamuk berkembang biak dengan nyaman.

***

LMP/PTH

Komentar (1)

  • Handrik tri haryana

    15 November 2023 | 04:46:59 WIB

    Jadi kan tempat kita yang bersih dan bebas dari nyamuk

    3 bulan lalu

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.1424 seconds